Ketika Sang Suami Tidak di Rumah
Easystem   31 Juli 2018   Dibaca 643 kali  

APA YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA SUAMI SEDANG TIDAK ADA DI RUMAH?

[1]Manfaatkan waktumu

Ketahuilah, wahai wanita muslimah! Waktu akan terus berjalan dan berganti, hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun. Waktu hanyalah zaman yang singkat. Ia akan pergi dan tak akan kembali.

Al-Imam al-Hasan al-Bashari berkata, "Tidaklah berlalu sebuah hari bagi seorang anak Adam kecuali hari itu akan berkata kepadanya, 'Hai anak Adam, aku adalah harimu yang baru, dan apa yang engkau kerjakan untukku akan menjadi saksi. Apabila aku telah pergi, aku tak akan kembali lagi, kerjakanlah sesukamu dengan segera dan engkau akan menjumpainya di hadapanmu, da akhirkanlah maka ia tidak akan kembali kepadamu.'

Ketika suamimu sedang tidak ada di rumah, maka manfaatkanlah waktu dengan:

  • Membaca yang bermanfaat

Yang paling utama untuk dibaca adalah Kitabullah/Al-Qur'an. Karena, Al-Qur'an adalah pedoman hidup seorang muslim. Cukuplah untuk menunjukkan keutamaan membaca dan mempelajari Al-Qur'an, sebuah hadits yang berbunyi:

 عن عَبۡدَ اللهِ بۡنَ مَسۡعُودٍ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: مَنۡ قَرَأَ حَرۡفًا مِنۡ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالۡحَسَنَةُ بِعَشۡرِ أَمۡثَالِهَا، لَا أَقُولُ الٓـمٓ حَرۡفٌ، وَلٰكِنۡ أَلِفٌ حَرۡفٌ وَلَامٌ حَرۡفٌ وَمِيمٌ حَرۡفٌ

Dari 'Abdullah ibn Mas'ud RA bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca satu huruf Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan, setiap satu kebaikan dilipatgandakan hingga sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam  satu huruf, dan Mim satu huruf".

  • Berdzikirlah kepada Allah

Perkara ini mudah dikerjakan oleh setiap orang. Maka biasakanlah lisanmu basah dengan dzikir kepada Allah Ta'ala, wahai saudariku wanita muslimah, apalagi ketika haid datang menghapirimu dan suamimu sedang tidak di rumah!

  • Mendidik anak

Dalam hal pendidikan anak, para istri mempunyai peranan penting karena mereka lebih banyak di rumah dan lebih sering bergaul dengn anak-anak. Maka, ikhlaslah dalam mendidik buah hati kita, karena anak anak adalah investasi orang tua yang paling bermanfaat!

[2]Menjaga kehormatan 

Menjaga kehormatan adalah pintu terbesar bagi wanita masuk surga. Rasulullah SAW bersabda:

إِذا صلّت المرأة خمسها وصامت شهرها وحفظت فرجها وأطاعتزوجهاقيل لهاادخلى الجنّة من أى أبواب الجنّة شئت

"Apabila wanita mengerjakan shalat lima waktu, berpuasa bulan Ramadhan, dia menjaga kemaluannya, menaati suaminya, maka akan dikatakan kepadanya, 'Masuklah ke alam surga dari pintu mana saja yang engkau kehendaki'

Al-Kafawi berkata, " 'Iffah adalah menahan halal dari perkara yang tidak halal."

'Iffah seorang wanita harus dijaga, jangan dipamerkan, diumbar untuk santapan orang banyak. Berhati-hatilah, wahai pura istri, ketika suamimu sedang tidak ada!!

[3]Awas,jejaring sosial

Masalah ini jika tidak diwaspadai oleh kaum wanita bisa menjadi perusak tangga, betapa banyak kasus yang terjadi, berawal ketika suami tidak di rumah, sang istri berselancar di dunia maya, berkenalan dengan lawan jenis. Bermula dari saling sapa sampai akhirnya terjadilah kemaksiatan, Na'udzubillah min dzalik. Waspadalah, wahai kaum wanita! Waspadalah dari HP-mu ketika suami tidak di rumah! Isilah waktu dengan kegiatan yang bermanfaat!

 

SUMBER : MAJALAH DAKWAH ISLAM AL FURQON EDISI3 TAHUN KE-17 185 ( Ustadz Abu Aniisah Syahrul Fatwa bin Lukman )

 
Tags :
12 6 5 3 1

Bagikan :