Kagum?? Jangan Lupa Bilang, ”Maa Syaa’ Allah”
Easystem   10 September 2018   Dibaca 768 kali  

 Assalamualaikum... Pernahkah kalian kagum terhadap sesuatu? Misalnya, kagum dengan sepatu baru milik teman kalian yang modelnya sangat bagus, atau kagum dengan mainan yang dibelikan ayah atau kagum yang lainnya? Nah, ternyata kalau sampai kita salah mengucapkan kalimat kekaguman tentang hal itu, bisa jadi malah akan membuatnya menjadi berbahaya. Lho, masak iya...??

 Kalau tidak percaya, simak pembahasan berikut!

Bahaya 'ain

 Dalam QS. al-Qalam ayat 51, Allah menyebutkan, bahwa Rasulullah hampir terkena pandangan 'ain jahat dari orang-orang Quraisy yang benci. Demikian pula Rasul sendiri telah mengucapkan, bahwa jika seandainya ada sesuatu yang mendahului takdir, maka itu adalah 'ain.

 Nah, 'ain sendiri adalah berupa pandangan jahat maupun pandangan kagum. Karena itulah, kita hendaknya berhati-hati saat melihat atau dilihat oleh orang dengan pandangan yang semacam itu.

 Misal 'ain pandangan jahat: Ada seorang yang melihatmu memakai pakaian baru atau memiliki sepeda baru yang bagus. Kemudian ia merasa iri terhadap baju atau sepedamu. Kemudian ia selalu memandangimu dengan pandangan yang iri. Nah, yang seperti itu juga bisa mendatangkan 'ain.

 Misal 'ain pandangan kagum: Kamu sudah mandi, memakai baju yang bagus, pakai minyak wangi dan minyak rambut. Kemudian ada bibimu yang kagum dengan penampilanmu kemudian ia berkata, "Aduh......, cakep banget, ponakan Bibi...!!" Nah, ini pun bisa menimbulkan 'ain.

 Dan bahayanya, kalau sampai sudah terkena 'ain, hal itu bisa jadi sampai mencelakai orang atau benda yang terkena 'ain tadi. Bahaya kan...??

Ucapkanlah, "Maa Syaa' Allah"

 Terus, kalau ada orang yang kagum dengan kata atau kita kagum kepada sesuatu, gimana dong, ngungkapkannya?

 Tenang, di dalam Islam sudah dijelaskan, kok. Sudah tidak terkena pandangan jahat. Setiap kali kita kagum kita harus menambahkan lafazh.

ما شاء الله

 Yang artinya, hanya dengan kehendak Allah hal itu bisa terjadi. Dengan itu, Insya Allah kita akan selamat dari pandangan 'ain.

 
Tags :
6

Bagikan :