Panduan Praktis Ibadah Kurban
Easystem   18 Agustus 2018   Dibaca 148 kali  

Definisi Kurban

Dalam bahasa Arab, Kurban disebut dengan udh-hiyyah,yaitu menyembelih hewan ternak sebagai pendekatan diri kepada Allah Azzawajalla pada hari tertentu dengan syarat-syarat khusus. Ada yang mengatakan dinamakan udh-hiyyah karena kurban itu afdhalnya/utamanya disembelih pada waktu dhuha,yaitu ketika matahari telah naik .

Keutamaan Kurban

Syaikh Al-Albani Rakhimahullah menerangkan tidak ada hadits satu pun yang shahih yang menyebutkan keutamaan berkurban secara khusus.Keutamaan berkurban dapat dilihat dari sisi yang lain, di diantaranya   :

  1.   Melaksanakan Perintah Allah                         Allah SWT telah memerintahkan agar Rosullah SAW dan Kaum muslimin bershalat dan berkurban untuk-Nya. Allah SWT berfirman :  

                                                                                                فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

            "Maka Dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berkurbanlah (karena Rabbmu pula). {QS al-Kautsar (108):2}

             Allah SWT memerintahkan agar Nabi-Nya menggabungkan dua ibadah yang agung ini, yaitu shalat dan kurban.keduanya termasuk ketaatan yang paling agung dan                       mulia. Tidak Ragu lagi,Shalat 'id termasuk dalam keumuman ayat dirikanlah shalat karena Rabbmu dan kurban masuk dalam kandungan ayat Berkubanlah.

  2.    Ibadah harta yang paling agung

          Berkurban berarti mengeluarkan harta untuk mendekatkan diri kepada Allah Azzawajalla, dan ini merupakan sebagus-bagusnya ibadah seorang hamba. Syaikhul-Islam                 Ibnu Taimiyyah berkata : "Ibadah harta yang paling mulia adalah kurban dan ibadah badan yang paling mulia adalah shalat."

  3.    Mendapat Pahala yang besar

          Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hari yang paling mulia dan agung di sisi Allah Azzawajalla, maka sudah otomatis mengerjakan amalan shalih pada hari-hari               ini akan mendapatkan ganjaran yang sangat besar, insya Allah.Abu Bakar ash-Shiddiq RA berkata: "Rosullah SAW pernah ditanya :'haji apa yang paling afdhal?' Rosullah               Menjawab :'Yaitu haji yang mengangkat suaranya dengan talbiyah dan yang menyembelih hewan kurban.'"

 HIKMAH DAN MANFAAT BERKURBAN 

  Sesungguhnya sya'riat islam yang mulia ini indah sekali. Segala hukum-hukumnya dibangun di atas hikmah dan kemaslahatan. Hanya,kadang kita mengetahuinya dan kadang       kita mengetahuinya dan kadang kita tidak mengetahuinya karena para hamba memang tidak diberi kewajiban untuk mengetahui perincian hikmah Allah Azzawajalla,namun           cukup bagi mereka untuk hanya mengimani,mengilmui (mempelajari Ilmunya) secara umum,dan pasrah (tunduk patuh) sepenuhnya:sebab,mengetahui perincian hikmah               merupakan sesuatu yang diluar batas kemampuan akal manusia.

        Diantara hikmah-hikmah berkurban ialah  :

  1.   Mencontoh bapak kita Nabi Ibrahim

          Untaian kisah tentang hal ini termaktub dalam firman Allah Azzaawajalla yang berbunyi  :

           فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَىٰ فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ(102)فَلَمَّا أَسْلَمَا وَتَلَّهُ لِلْجَبِينِ(103)وَنَادَيْنَاهُ أَنْ يَا إِبْرَاهِيمُ(104)قَدْ صَدَّقْتَ الرُّؤْيَا ۚ إِنَّا كَذَٰلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ(105)إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ

                                                                                                                                                                                                          الْبَلَاءُ الْمُبِينُ(106)وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ(107)             

           "Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai Anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa                     aku menyembelihmu maka pikirkanlah apa pendapatmu!" ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. InsyaAlah kamu akan mendapatiku             termasuk orang-orang yangg sabar." Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya),(nyatalah kesabaran keduanya).Dan                   kami panggillah dia: 'Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu.' sesungguhnya demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang                       berbuat baik.Sesungguhnya ini Benar-Benar suatu ujian yang nyata dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. {QS ash-Shaffaat (37):102-107}

  2.   Mencukupkan Orang Lain

               Jika seorang muslim menyembelih hewan kurban nya maka ia telah berbagi kebahagiaan dengan keluarganya,teman-temannya,para tetangganya,serta fakir miskin                      sehingga mereka merasakan kebahagiaan di hari raya

  3.   Ungkapan rasa Syukur

               Yaitu syukur kepada Allah Azzawajalla yang telah memberikan kenikmatan.Hakikat syukur adalah memurnikan ketaatan kepada Allah SWT dengan mengerjakan seluruh                kewajiban dan meninggalkan keharaman. salah satu caranya adalah dengan berkurban.

  4.   Bukti Ketaqwaan

               Berkurban adalah pendekatan diri kepada Allah SWT,Sebagai realitas keimanan dan ketaqwaan seorang hamba. Allah SWT berfirman  :

                  لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَٰكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ

                "Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, Tetapi Ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.{QS al-Hajj (22):37}

  5.   Memberikan Kegembiraan pada hari kurban

             Yaitu dengan makan,saling berbagi, dan bersenang-senang dengan hewan kurban yang disembelih dan ini sangat terlihat pada hari Idul Adha,(yaitu) kaum muslimin       merasa senang,gembira dan berkumpul untuk menikmati hewan kurban.Rasullah  SAW bersabda  :

         أيام التشر يق أيام أكل وشرب وذ كر الله

       "Hari Tasyriiq adalah hari untuk makan,minum, dan berdzikir

  6.    Menampakan syi'ar Islam

              Tidak ada perselisihan bahwa kurban termasuk salah satu syi'ar Islam yang sangat kentara pada idul adha manusia berkumpul dan menyembelih hewan-hewan kurban mereka.Sungguh ini adalah hikmah yang sangat agung.Allah SWT berfirman :

              وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ

"Dan telah kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syi'ar Allah,kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya. {QS.al-Hajj(22):36}

  7.    Mengikuti sebagian amalan jama'ah haji

              Sebab,dalam ibadah haji juga ada yang namanya al-hadyu(sembelihan),sehingga bila kaum muslimin berkurban,akan mendorong semangat mereka untuk ikut berangkat haji.Allahua'lam.

 

 

 

 Sumber    : majalah Al-Furqon edisi 2 tahun ke-17    

 

 
Tags :
11 7

Bagikan :