URGENSI KESUCIAN DAN KEBERSIHAN
Easystem   31 Juli 2018   Dibaca 131 kali  

Islam sangat menekankan kepada kebersihan.Hal ini bukanlah suatu hal yang aneh bagi agama yang telah menjadikan thaharah (bersuci) sebagai kunci ibadah utamanya yaitu shalat,sehingga tidak diterima shalat orang muslim sehingga jasadnya bersih,pakaiannya bersih,dan tempat shalatnya bersih.

kebersihan dalam islam mencakup dua macam  :

pertama : Kebersihan batin yaitu membersihkan hati dari kotoran-kotoran hati seperti syirik,riya',dengki,sombong,dan lain-lain.Dan ini sangat jelas dan mansyur.

kedua : kebersihan lahir/luar seperti badan,pakaian,makanan dan minuman,tempat tinggal dan lain lain.

 

Bukti-bukti akan hal ini banyak sekali,di antaranya :

  • Syari'at wudhu setiap kali akan shalat.kalau kita perhatikan anggota wudhu adalah anggota badan yang sering berkaitan dengan kotoran dan debu seperti tangan,kaki,dan wajah.
  • Syari'at islam tentang mandi besar yang berfaedah membersihkan badan,menyegarkan stamina,dan kesehatan.Dalam islam,mandi disyaria'tkan dalam banyak keadaan seperti usai jima',keluar mani,suci dari haid dan nifas,mandi hari jum'at,mandi hari raya,mandi masuk islam,dan lain-lain.
  • Islam juga menekankan kebersihan mulut dengan anjuran bersiwak
  • Islam juga menekankan kebersihan badan dengan menjaga beberapa fitrah yang disebutkan oleh Nabi SAW,seperti potong kuku,mencabut bulu ketiak,dan lain-lain.
  • Islam sangat menekankan kebersihan lingkungan baik masjid,rumah,jalan,tempat-tempat umum,dan lain-lain.

 

Sumber           :   Majalah Al-Furqon edisi 2 tahun ke-17



Galeri foto

 
Tags :
6

Bagikan :