Turunya Isa AL - Masih di Akhir Zaman
Easystem   04 September 2018   Dibaca 109 kali  

    Termasuk tanda kiamat besar (kubro) adalah turunya Nabiyullah Isa putra maryam dari langit. Berita tentang turunya beliau ke dunia di akhir zaman ini telah tertulis tegas dalam al - qur'an dan as-sunna. Tidak ada yang mengingkarinya kecuali seorang yang sombong, pengekor bahwa nafsu, dan seorang yang menyimpang dari jalan yang lurus . Kita dan menghilangkan segala keraguan yang mugkin pernah melekat pada diri kita. ALLAHUL MUWAFFIQ

MAKNA Al - MASIH

    Lafazh al-Masih berasal dari kata ma-sa-ha yang artinya menghapus atau mengusap. IBnu Atsir menjelaskan: " Telah berulang - ulang penyebutan 'al-Masih dan penyebutan ' al- MAsih ad-Dajjal". Adapun Isa dinamakan demikian karena beliau tidak pernah mengusap seorang yang cacat kecuali mesti sembuh. Pendapat ini:'karena telapak kaki beliau tidak cekung,' atau 'karena beliau lahir dari ibunya dalam keadaan diusap dengan minyak,' atau 'karena beliau mengusap bumi '' artinya memotong jarak yang jauh, atau artinya 'yang sangat jujur', atau 'dia' dalam bahasa Ibrani disebut 'Masyih' lalu diarabkan menjadi 'Masih'

Adapun Dajjal disebut al-Masih, karena matanya yang satu terhapus, pendapat lain: 'yang mengusap bumi artinya yang memotong jarak yang jauh,' atau yang fisiknya jelek. ''' (an-Nihayah fi Gharibil Hadits Wal Atsar : 4/326-327)

Dalil tentang turunya Isa

Allah berfirman

وَإِنَّهُ لَعِلْمٌ لِلسَّاعَةِ فَلا تَمْتَرُنَّ بِهَا وَاتَّبِعُونِ هَذَا صِرَاطٌ مُسْتَقِيمٌ

"Dan sungguh, dia (Isa) benar-benar menjadi pertanda akan datangnya hari Kiamat . Karena itu, janganlah kamu ragu-ragu tentang (Kiamat) itu  dan ikutilah aku . Inilah jalan yang lurus"( Qs. aZ- Zukhruf [43]:61)

Dan Abu Hurairah Rasulullah bersabda. " Demi zat yang jiwaku berada di tangan - nya. Sebentar lagi Isa bin maryam akan turun di tengah  - tenggah kalian sebagai hakim yang adil. Beliau aka menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizah (upeti), harta semakin banyak dan semakin berkahsampai seseorang tidak ada yang menerima harta itu lagi (Sebagai Sedekah, pen) sehinngga keberadaan satu sujud lebih baik  dari pada dunia seisina.  " Abu Hurairah lalu mengatakan: " Bacalah jika kalian suka (Qs. an - Nisa [4]:159. (HR. Bukhari 4/135). '

Dari Jabir bin - Abdillah Nabi bersabda: " Akan senantiasa ada segolongan dari umatku yang berperaang memperjuangkan kebenaran  dan meraih kemenangan hingga hari kiamat. " Nabi pun mengatakan: " Kemudian Isa bin Maryam turun ke muka bumi. Lalu pemimpin mereka tadi mengatakan pada Isa: Jadilah imam shalat bersama kami. Isa menjawab:"Tidak, sesungguhnya sebagaian di antara kalian sudah menjadi pemimpin bagi yang lain. Allah betul - betul telah memuliakan umat ini. '''(HR>MUSLIM:1/137)

HADITS - HADITS MUTAWATIR

  Wahai saudaraku, banyak sekali hadits - hadits yang membicarakan hal ini bahkan sampai derajat mutawatir (dari jalur yang sangat banyak). Ibnu katsir berkata : "Telah mutawatir hadits - hadits dari Rasulullahbahwa Nabi Isa akan turun  sebelum hari kiamat sebagai imam yang adil dan hakim yang bijaksana. "(Tafsir al - Qur'anul Azhim:7/223)

  Berkata Syaikh al - Albani. Ketahuilah bahwa hadits - hadits tentang Dajja, dan turunya Isa adalah berita - berita yang mutawatir, maka kita wajib beriman dengannya. Jangan tertipu dengan orang - orang yang menyatakan hadits - hadits tersebut adalah hadits ahad, karena mereka adalah orang - orang yang tidak tahu tentang ilmu ini. Tidak ada di antara mereka yang menelusuri dan meneliti hadits - hadits tersebut dengan jalan - jalannya. Kalau saja ada yang mau menelitinya, niscaya dia akan mendapati hadits - hadits tentang ini mutawatir, sebagaimana telah dipersaksikan oleh para ulama seperti Ibnu Hajar dan lain - lain. Sungguh sangat disayangkan munculnya orang - orang yang lancang, terlalu berani berbicara pada perkara - perkara yang bukan bidangnya. Apalagi urusanya adalah urusan aqidah dan agama. " (Takhrij Syaikh al - Albani terhadap syarh aqidah ath - thahawiyah oleh Ibnu Abil Izzi al - Hanafi:501)

CIRI - CIRI FISIK BELIAU

   Nabi Isa dapat dikenali oleh umat ini karena Rasulullah telah memberikan tanda - tanda kepada kita. Dalam hadits Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda: 

    "Antara diriku dengan Isa tidak ada nabi, dan sesungguhnya dia pasti turun. Jika kalian melihatnya maka kenalilah dia. Sesugguhnya dia berperawakan sedang, putih kemerah - merahan, dia turun di antara dua potong baju berwarna kekuning - kuningan, Kepalanya seolah - olah menetes (air) walaupun tidak basah, dia memerangi manusia di atas Islam. Dia membunuh al - Masih ad-Dajjal kemudian tinggal dibumi selama 40 tahun kemudian wafat dan kaum muslimin meshalatinya."

Dan dari Jabir Abdillah bahwa Rasulullah bersabda: " Telah diperlihatkan kepadaku para nabi, ternyata Musa dan aku melihat Isa bin Mas'ud (HR. Muslim:1/167)

NABI ISA  BELUM WAFAT

  Orang - orang Yahudi mengklaim bahwa mereka telah membunuh Nabi Isa dan mereka berbangga dengan itu. Demikian pula dengan orang - orang Nasrani yang meyakini akan kematian Nabi Isa di tiang salib. Ini tidak benar. Nabi Isa masih hidup di langit dan kelak akan turun pada akhir zaman serta diimani oleh orang - orang ahli kitab yang hidup pada waktu itu, sebagaimana firman - Nya Qs. an - Nisa [4]:159.Dalam ayat tersebut diceritakan oleh Allah bahwa Nabi Isa tidaklah dibunuh oleh orang - orang Yahudi, namun sebenarnyayang dibunuh adalah orang yang diserupakan dengannya (yakni murid beliau yang masih berusia muda dan seti kepadanya, sebagaimana yang diceritakan oleh Ibnu Abbas sedangkan Isa sendiri diangkat oleh Allah ke langit.

     Syaikh as -Sa'di ketika menjelaskan surat Ali Imran [3]:55, beliau mengatakan: "Allah mengangkat hamba dan Rasul -nya yaitu Isa kepada nya. Kemudian Allah menyerupakan Isa dengan yang lainnya. kemudian orang yang diserupakan dengan Nabi Isa ditangkap, dibunuh, dan disalib. Mereka pun terjerumus dalam Dosa karenaniat mereka adalah membunuh utusan Allah.

NABI ISA TIDAK MEMBAWA SYARI'AT BARU

      Wahai saudaraku, ketahuilah bahwa Nabi Isa turun sebagai hakim yang adil dengan hukum syari'at kita. Dan menghidupkan perkara - perkara syari'at - syari'at kita yang sudah mulai ditinggalkan oleh manusia. (Syarh Shahih Muslim, Imam Nawawi:18/278)

      Beliau turun bukan sebagai rasul dengan syari'at yang baru selain syari'at Rasulullah. Bahkan beliau turun sebagai pengikut Nabi Muhamad sebagaimana dikabarkan dalam hadits, ketika Rasulullah bersabda kepada Umar: "jika saja Musa masih hidup, niscaya tidak ada pilihan lai baginnya kecuali mengikutiku. Maka turunnya Isa dalam keadaan telah mengetahui perintah Allah sejak di langit sebelum turunya, yaitu mengetahui ilmu syari'at ini untuk menghukumi di antara manusia dan beramal bagi dirinya. Maka berkumpullah orang - orang beriman mengikutinya dan dia menghukumi mereka dengan syari'at Islam. Dan ini telah menjadi kesepakatan antara ulama sebagaimana yang telah dijelaskan oleh imam as-Saffarini dalam kitab aqidahnya.

Sumber : (AL - FURQON Volume 3 No.1 Tahun Ke-5)

 

Bagikan :