7 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat
eaSYstem   19 September 2018   Dibaca 2966 kali  

Jerawat selalu menjadi masalah kulit yang tak akan ada habisnya untuk dibahas. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Tapi seiring berkembangnya jaman, banyak cara untuk mengatasi jerawat.

Namun, setelah jerawat berhasil diatasi, permasalahan tak berhenti di situ, masih ada bekas jerawat yang harus ditangani. Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami adalah dengan menggunakan bahan pilihan sebagai masker. Lalu, bahan apa saja yang bisa dipakai yah? Baca terus di bawah ini yah!

1. Lidah buaya
Lidah buaya atau dikenal juga sebagai aloe vera tidak hanya mampu melembapkan kulit namun juga bisa menyamarkan noda hitam bekas jerawat lho. Ini karena lidah buaya mengandung zat aloesin yang dapat menghambat pembentukan melanin. Gunakan tanaman lidah buaya, lalu ambil bagian daging atau gelnya dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit agar terserap dengan baik, lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin yah.

2. Lemon
Tidak hanya mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan wajah dan memudarkan noda hitam, lemon juga memiliki kandungan AHA yang dapat merevitalisasi kulit wajah. Aplikasikan air perasan lemon dan diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air. Karena lemon memiliki efek menghilangkan minyak wajah, segera aplikasikan pelembap setelah menggunakan masker ini yah.

3. Timun
Sering melihat orang menggunakan timun sebagai masker? Ternyata hal ini bukan tanpa alasan lho. Timun mengandung vitamin A, C, dan juga magnesium yang mampu menghidrasi wajah sekaligus menghilangkan kemerahan pada wajah akibat jerawat. Cukup iris tipis timun, lalu letakkan irisan tersebut di seluruh wajah selama 30 menit. Bekas jerawat hilang, wajah pun jadi lebih segar.

4. Kunyit
Bukan hanya bisa dipakai sebagai bumbu masak, kunyit ternyata juga memiliki khasiat untuk kulit wajah. Kamu bisa menumbuk kunyit hingga halus atau bisa juga menggunakan bubuk kunyit yang dicampur dengan air, lalu gunakan sebagai masker. Kunyit yang memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi mampu mengenyahkan jerawat serta bekasnya jika digunakan secara rutin.

5. Madu
Cara menghilangkan bekas jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Sudah bukan rahasia lagi jika madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan, salah satunya adalah untuk menyamarkan bekas jerawat. Aplikasikan pada wajah, lalu pijat dengan gerakan melingkar dan diamakan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Pastikan kamu menggunakan madu organik atau madu asli yah.

6. Tomat
Selain baik untuk dikonsumsi, tomat juga bermanfaat sebagai masker wajah. Nggak hanya mampu menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat, tomat yang mengandung vitamin A, C, dan likopen juga memiliki efek mengencangkan kulit. Cukup tempelkan irisan tomat pada wajah. Atau kamu juga bisa menghaluskannya dan digunakan sebagai masker.

7. Putih telur
ika bekas jerawatmu berupa jaringan parut pada kulit atau bopeng, maka putih telur bisa kamu coba. Cukup aplikasikan putih telur pada bagian wajah yang bermasalah. Diamkan selama 10-15 menit. Tips dari Popbela, pastikan kamu tidak menggerakkan wajahmu aagr putih telur tidak retak dan tidak merusak kulit wajah.

 
Tags :
kesehatan

Bagikan :