Bahaya !! Memainkan Ponsel Ketika Tiduran.
eaSYstem   30 April 2018   Dibaca 2995 kali  

Ponsel sudah menjadi setengah dari kehidupan kita. Nampaknya tanpa ponsel hidup kita menjadi hampa. Bahkan tingkat kepentingannya mengalahkan KTP. Tidak bawa ponsel itu lebih butuk daripada tidak bawa KTP. Akui saja, beberapa dari kita bahkan kerap membawa ponsel kita ke kamar mandi pada saat kita mandi atau buang air besar kan?

Tentu saja ini bukan kebiasaan yang baik tapi kamupun tak bisa mengelak jika sulit untuk mulai berubah agar tidak lagi terlalu tergantung pada ponsel. Boro-boro tidak bawa ponsel ke kamar mandi, tidak main ponsel sambal tiduran pun bisa jadi suatu bencana bagi kamu yang sudah terbiasa. Padahal di balik kebiasaan buruk ini ada risiko yang mengintai dan bisa mengancam kesehatanmu mau tahu apa saja?

  1. Risiko kanker adalah satu bahaya yang mengintai

Risiko pertama yang harus siap kamu tanggung ketika kamu terbiasa menggunakan smartphone sembari tiduran adalah kanker. Sebenarnya, masalah utama tidak terletak pada posisimu dalam menggunakan ponsel, tetapi akuilah bahwa kita kerap kali menggunakannya sembari tiduran atau terkadang meletakkannya tepat di sisi kepala dan membiarkannya dalam keadaan hidup selama kita tidur. Kebiasaan ini akan meningkatkan risiko serangan kanker.

Radiasi ponsel ini bisa memengaruhi proses pembelahan sel-sel dalam tubuh hingga tak terkendali yang kemudian mengubahnya menjadi sel-sel abnormal. Sel-sel ini nantinya berpotensi menyerang jaringan terdekat yang memiliki frekuensi sentuhan tinggi dengan ponsel.

  1. Selain kanker, risiko serangan jantung juga siap menerkam

Risiko lain yang mungkin bisa menyerangmu adalah serangan jantung. Mungkin kamu belum pernah mendengar sebelumnya bahwa terdapat hubungan antara radiasi ponsel dan serangan jantung. Memang hubungan ini tidak secara langsung karena radiasi ponsel memulainya dengan mengganggu tekanan darah.

Sebuah studi yang dilakukan di Jerman dan dilaporkan dalam media Lancet pada tahun 1998 menunjukkan adanya penelitian yang memperlihatkan tekanan darah subyek yang diteliti mampu meningkat 5 hingga 10 Hg, sebuah peningkatan yang cukup signifikan untuk memicu munculnya stroke atau serangan jantung. Inilah bukti pertama yang cukup meyakinkan betapa radiasi ponsel begitu kuat dan dapat memengaruhi perubahan fungsi sel dalam tubuh manusia.

  1. Gangguan mata juga mungkin terjadi akibat paparan sinar di bawah pencahayaan minim

Cukup banyak risiko yang mengintai dari kebiasaan menggunakan ponsel sambil tiduran terutama untuk mata penggunanya. Dalam jangka pendek, penggunaan ponsel sambil tiduran dan didukung pencahayaan yang rendah mampu menimbulkan mata lelah dan berair yang lambat laun menimbulkan efek samping seperti pusing, sakit kepala, letih, serta insomnia.

Astenopia, melambatnya reaksi pupil terhadap cahaya, juga menjadi risiko bagi mata pengguna karena menggunakan ponsel sambil tiduran. Hal ini mungkin masih diperparah dengan ukuran font yang akan dibaca dari layar ponsel karena membutuhkan konsentrasi penglihatan yang lebih tinggi.

  1. Tumor otak adalah risiko lain yang harus siap kamu tanggung

Bukannya ingin menakut-nakuti, tetapi sudah menjadi rahasia umum kalau radiasi ponsel berpotensi menyerangmu dengan berbagai penyakit di balik pesonanya yang selalu berhasil membuatmu menggunakannya sembari tiduran. Kasus efek radiasi ponsel menjadi tumor dalam tubuh penggunanya bahkan lebih mungkin terjadi pada kaum perempuan dan anak-anak.

  1. Istirahat malammu tidak akan nyenyak

Dampak satu ini masih menjadi salah satu akibat yang harus kamu hadapi kalau terlalu sering membiarkan tubuhmu terpapar radiasi ponsel. Kamu harus rela tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik dan nyenyak sehingga kamu pun mengalami kelelahan meski sudah mendapatkan waktu istirahat yang panjang.

Tubuhmu mungkin dalam keadaan tidur atau istirahat tetapi pikiranmu aktif, ketika bangun dari tidur kamu merasakan kelelahan sama seperti sehabis melakukan aktivitas rutin. Kalau sudah terbiasa begini, tentu tidak akan berdampak baik bagi tubuhmu dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Metabolisme tubuh menjadi terhambat

Saat kita tidur malam, inilah momen terbaik bagi tubuh agar proses metabolisme bisa secara aktif bekerja. Maka dari itu ketika seseorang sedang istirahat malam, saat tubuhnya seharusnya bisa melakukan metabolisme secara aktif, namun terpapar oleh radiasi ponsel yang diletakkan tak jauh dari bantalnya, proses metabolisme itu bisa jadi tidak berjalan sesuai jalurnya.

Akibatnya, proses-proses yang seharusnya bisa berjalan selama istirahat malam menjadi terhambat mulai dari proses pencernaan makanan hingga proses detoksifikasi. Jadi kamu sudah tahu kan kalau menggunakan ponsel sambil tiduran bahkan meletakkannya di samping tubuh saat sedang tidur malam itu bukan sebuah kebiasaan yang baik?

  1. Pembentukan hormon melatonin pun ikut terganggu

Hormon melatonin adalah hormon yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus mengontrol tidur. Hormon inilah yang akan mengatur kapan tubuh kita harus tidur dan bangun serta berfungsi dalam mengatur ritme detak jantung kita. Ketika kamu terlalu lama terpapar cahaya dari layar ponsel yang begitu terang, hal ini bisa berpengaruh pada pembentukan hormon melatonin.

Para ahli menyebutkan bahwa paparan radiasi elektromagnetik dari ponsel ini mampu menghambat produksi hormon melatonin. Hormon ini bahkan dikatakan paling sensitif terhadap rangsangan dalam bentuk cahaya. Inilah mengapa kita sangat disarankan tidur dalam kondisi redup dan tidak menggunakan ponsel sembari tiduran atau hingga tertidur.

Sekarang sudah tahu kan bahwa menggunakan ponsel sambil tiduran apalagi di bawah pencahayaan yang minim berisiko menimbulkan berbagai penyakit yang mengancam kesehatanmu. Meski terlihat sepele – karena sudah menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan dewasa ini – tapi tidak ada salahnya kamu mencoba menghindarkan dirimu dari risiko buruk dengan mengurangi insensitas pemakaian ponsel sambil tiduran.

Sumber : keypoo.com

 
Tags :
Kesehatan Bahaya Ponsel Dampak Negatif Memainkan Ponsel

Bagikan :