Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecelakaan
Easystem   06 September 2018   Dibaca 128 kali  

      Kecelakaan lalu lintas didefinisikan sebagai kejadian di mana sebuah kendaraan bermotor berkecelakaan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan, serta berisiko dapat mengakibatkan kerusakan, serta berisiko dapat mengakibatkan luka - luka atau kematian manusia (Andi, 2010). Sedangkan berdasarkan pp Nomor 43 Tahun 1993 Pasal 93 dalam undang - undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkatan jalan, kecelakaan lalu llintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak disangka - sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya, mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda.

      Perlu diketahui bahwa kecelakaan lalu lintas dapat di sebabkan oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal pengunaan kendaraan bermotor. Faktor internal meliputi faktor manusia, sedangkan faktor eksternal adalah faktor kendaraan, faktor dijalan dan faktor cuaca. ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, pertama adalah faktor manusia, kedua adalah faktor kendaraandan yang terakhir adalah faktor jalan. Selai itu terdapat faktor cuaca yang juga  dapat menyebabkan terjadinya suatu kecelakaan (Anonim3.2010). Mengenal faktor - faktor ini penting diketahui oleh para penegemudi agar dia bisa mengambil pelajaran dan antisipasi. Adapun penjelasan dari beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas tersebut adalah sebagai berikut.

          1. Faktor manusia

      Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan lalu lintas. Hampir semua kejadian kecelakaan di dahului dengan pelanggaran rambu - rambu lalu lintas. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja, melanggar , ketidaktahuan terhadap arti aturan yang berlaku ataupun tidak mellihat ketentun yang diberlakukan atau pula pura - pura tidak tahu. selain itu manusia sebagai pengguna jalan raya sering sekali lalai, bahkan ceroboh dalam mengendarai kendaraan, tidak sedikit angka kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena membawa kendaraan dalam keadaan mabuk,mengantuk, danmudah terpancing oleh ulah pengguna jalan lainnya yang mungkin dapat memancing gairah untuk kebut - kebutan di jalan.

          2. Faktor kendaraan

      Faktor kendaraan yang paling sering terjadi adalah ban pecah, rem tidak berfungsi sebagaimana seharusnya, kelelahan logam yang mengakibatkan bagian kendaraan patah, peralatan yang sudah aus tidak diganti, dan berbagai penyebab lainnya. Keseluruhan faktor kendaraan sangat terkait dengan teknologi yang digunakan dan perawatan yang dilakukan terhadap kendaraan.

          3. Faktor jalan

      Jalan menurut Undang - Undang Republik indonesia Nomor 38 Tahun 2004 adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bagunan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanaha dan/atau air, serta di atas  permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel.

          4. Faktor cuaca

       Selain itu terdapat faktor lain yang menyebabkan kecelakaan, yaitu faktor cuaca. Hujan juga mempengaruhi kinerja kendaraan seperti jarak pengereman menjadi lebih jauh, jalan menjadi lebih licin, jarak pandang juga terpengaruhi karena penghapusan kaca tidak bisa bekerja secara sempurna atau lebatnya hujan mengakibatkan jarak pandang menjadi lebih pendek. Asap dan kabut juga bisa menggangu jarak pandang, terutama di daerah pegunungan.

  

(Sumber Edisi 11 Th.Ke-11 Jumada Akhir 1433 [Apr - Mei 12] 125)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan :