Pesan Nabi Kepada Para Istri
Easystem   20 Agustus 2018   Dibaca 118 kali  

  1. BERSYUKUR TERHADAP PEMBERIAN SUAMI

 Perhatikan Hadits - hadit berikut ini : Rasullah bersabda

"Diperlihatkan kepada saya neraka, ternyata penghuniya yang paling banyak adalah wanita disebabkan mereka ingkar. "Ada yang bertanya, "Apakah disebabkan mereka ingkar kepada Allah ?"Nabi menjawab, "Mereka Ingkar kepada suami dan mengingkari kebaikan. Bila engkau berbuat baik kepada salah seorang dari mereka sepanjang masa, kemudian dia melihat kekurangan walaupun sedikit, dia akan berkata kepadamu, Aku tidak pernah melihat kebaikanmu sama sekali!!!""
Imam Nawawi berkata, Di dalam hadits ini terdapat pelajaran bahwa mengingkari suami dan kebaikanya termasuk dosa besar karena ancaman neraka terhadap suatu perbuatan menujukan bahwa amalan tersebut termasuk dosa besar."

Waspadalah wahai para istri, jangan ingkar terhadap kebaikan suami. Jadialah engkau seorang istri yang selalu bersyukur atas jerih payah suamimu agar engkau selamat dari ancaman dalam hadits berikut ini:

"Allah tidak akan melihat seorang istri yang tidak beryukur kepada suaminya, padahal dia sangat butuh kepada suaminya."

  1. HIASI HIDUP DENGAN KETAATAN

Jalan menuju surga bagi kaum wanita terbuka sangat lebar. Di antara amalan yang dapat menghantarkan ke dalam surga adalah dengan menjaga shalat lima waktu , puasa Ramadhan, menjaga kemaluan dan kesucian dirinya serta teet kepada suami. Nabi bersabda

"Apabila wanita shalat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, dia menjaga kemaluanya, menaati suaminya, maka akan dikatakan kepadanya, Masuklah ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau kehendaki.'"

        Dari Abu Sa'id  Nabi bersabda :

"Hak suami atas istri, seperti bila suami punya luka nanah kemudian dijilat oleh istrinya, maka hal itu belum mencukupi untuk menunaikan haknya."

  1. CARILAH RIDHA SUAMIMU

  Hendaknya para istri selalu berusaha mencari keridhaan suaminya. Rasulullah bersabda :

" Maukah kalian aku kabari tentang para wanita penghuni surga? yaitu wanita yang pengasih, banyak anak dan berperilaku baik. Jika ia dizalini (Suaminya marah kepadanya) atau ia berbuat zhalim (Kepada suaminya), ia akan berkata,  'ini tanganku berada di tanganmu. Aku tidak bisa memejamkan mataku hingga engkau ridha. "

  1. SUAMI IBARAT SURAGA DAN NERAKA BAGIMU

   Wajib bagimu, wahai para muslimah, untuk menaati suami dalam perkara yang bukan maksiat karena suamimu ibarat surga dan neraka bagimu.

Hashain bin Mushin berkata: Bibiku telah menceritakan kepadaku, "Aku pernah datang menemui Rasulullah untuk sebuah keperluan. Rasulullah berkata, 'Ada apa ini, apakah engkau punya suami ? Aku menjawab, 'Aku tidak pernah meremehkan  ketaatan dan pengabdian kepadanya, kecuali jika aku tidak mampu.'Rasulullah menjawab, ' lihatlah dirimu, sejauh mana kedudukanmu dimata suamimu, dia adalah surga dan neraka bagimu."?

  1. JANGAN MENOLAK TIDUR BERSAMANYA

Rasa malas yang menggelayatimu janganlah membuat dirimu malas melayani permintaan suamimu, karena Rasulullah bersabda:

"Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur, kemudian dia (istri) menolak, maka malaikat akan melaknat istri tersebut hingga pagi hari."

  1. HATI -HATI, JANGAN SAMPAI MENYAKITI SUAMI

Apabila seorang istri tidak menyakiti suami, baik dengan ucapan atau perbuatan, maka jaminannya adalah surga. Rasulullah bersabda;

" Tidaklah seorang istri menyakiti suaminya didunia melainkan istrinya dari bidadari surga akan berkata, "jangan engkau menyakitinya, semoga Allah membinasakanmu. Suami itu di sisimu ibarat seorang tamu yang hampir -hampir akan meninggalkandan beralih menjadi milik kami."

sya
Syaikh Albai berkata, "Haditsi ini, Sebagaimana engkau lihat sendiri, Adalah peringatan bagi para istri yang sering menyakiti suaminya."

      7.BERHIAS UNTUK SUAMI

Agar kehidupan rumah tangga tetap hamronis, berusahalah engkau tampil cantik di depan suamimu. Rasullah bersabda:

"Sebaik - baik wanita adalah yang menyenangkan mu jika kamu melihatnya."

Imam Sindi berkata, " wanita yang menyenangkan bila dilihat yaitu karena kecantikannya yang tampak, atau karena akhlaknya yang bagus dalam dirinya yang selalu taat serta bertaqwa kepada Allah."

   Perhatikanlah hal ini wahai wanita muslimah yang mendambakan pahala dan ridha Allah Jangan engkau tampakkan kecantikan dan perhiasanmu Kepada sembarang orang !! Janganengkau biarkan mata - mata orang fisik menikmati kecantikan pada dirimu!! Kecantikanmu hanya untuk suamimu, maka berhias dan berpenampilanlah yang menarik di hadapnya!

  1. DAHULUKAN HAK SUAMI DARI IBADAH SUNNAH

   Hendaknya para istri selalu taat kepada suaminya, mendahulukan hak suaminya, mendahulukan hak suami sampai sekalipun terhadap ibadah sunnah. Nabi bersabda:

"Janganlah seorang istri puasa sunnah sedang suaminya ada kecuali dengan izinya. "

Al - Hafizh Ibnu Hajar mengatakan,Di dalam hadits ini terdapat dalil bahwa hak suami atas istrinya lebih penting dari pada ibadah sunnah yang sifatnya kebaikan sebab memenuhi hak suami adalah wajib, sedangkan ,melaksanaan yang wajib lebih didahulukan dari pada melaksanakan yang sunnah."

9.TIDAK KELUAR RUMAH KECUALI DENGAN IZIN SUAMI

Rasullah bersabda:

" Tidak halal seorang istri mengizinkan orang lain yang dibenci suaminya masuk rumah, dan janganlah seorang istri keluar rumah sedang suaminya dalam keadaan benci."

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, "Tidak halal bagi seorang istri untuk keluar rumah kecuali dengan izin suaminya. Apabila seorang istri keluar rumah tanpa izin suami maka dia telah nusyuz (membangkang), telah bermaksiat kepada Allah, dan Rasul -nya, berhak mendapat hukuman.

  1. PANDAI MENGATUR KEUANGAN

   Jadilah engkau menteri keuangan yang baik bagi suamimu. Nabi bersabda:

"Apabila seorang wanita bersedekah dari makanan suaminya tanpa menibulkan keruskan maka baginyapahal dan bagi suaminya pahala atas jerihpayahnya."

    Al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan,Wanita punya hak untuk mengatur di dalam rumah suaminya dengan sesuatu yang baik menimbulkan kerusakan karena umunya suami akan ridha terhadap hal tersebut."

  1. TERAMPIL DALAM URUSAN RUMAH

     Hendaknya seorang istri berbakat di dalam rumahnya dan membantu suami dalam menciptakan kehidupan rumah tangga yang baik. Hendaknyadia berusaha untuk terampil dan cekatan dalam mengurus pekerjaan rumah karenahal itu dapat membantu suami untuk lebih konsentrasi terhadap tugas dan pekerjaan yang digeluti, terlebih lagi jika suminya orang yang sibuk dalam urusan ilmu.

     Demikianlah wahai para istri shalihah, sebagian pesan dan wasit Nabi untuk kalian. Semoga kalian mampu menjadi istri ideal bagi para suami kalian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan :