nabi alyasa
Easystem   08 Agustus 2018 | update 09 Agustus 2018   Dibaca 113 kali  

allah menyebut nabi alyasa bersama para nabi yang lain dalam ayat:

وَإِسْمَاعِيلَ وَالْيَسَعَ وَيُونُسَ وَلُوطًا ۚ وَكُلًّا فَضَّلْنَا عَلَى الْعَالَمِينَ

dan Ismail, Alyasa', Yunus dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan derajatnya di atas umat (di masanya). (QS. al-an'am [6]:86)

وَاذْكُرْ إِسْمَاعِيلَ وَالْيَسَعَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ وَكُلٌّ مِنَ الْأَخْيَارِ

Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa' dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik. (QS. shad [38]:48)
nabi alyasa datang setelah nabi ilyas dan tinggal bersama kaumnya dalam waktu yang lama-sekehendak allah mengajak kaumnya kepada dakwah nabi ilyas dan para nabi sebelumnya, yaitu dakwah agar ibadah hanya kepada allah dan meninggalkan syirik dan mengajak kepada syari'at nabi ilyas hingga wafat.
setelah itu, datang generasi yang rusak; para raja zalim (aniaya), para penjahat, para pelaku dosa, keburukan, dan kemaksiatan, banyak melampaui batas dan membunuh para nabi.
inilah sifat, keyakinan, dan kelakuan umat kafir musuh para nabi, bukan mereka yang menolak dan sombong terhadap para da'i khuruj, bukan mereka yang menolak dan sombong terhadap para da'i khuruj, bukan mereka yang membunuh para penegak khilafah dan menyeru kepada politik dan khuruj, akan tetapi, kepada yang menyeru kepada allah dan mengingkari syirik terhadapnya.
berkata ibnu jarir dan lainnya: "setelah itu, hancur dan kacau-balau kondisi bani isra'il, menumpukkan dosa dan kebinasaan kepada mereka, membunuh sekendak mereka dari para nabi allah. maka allah menguasakan kepada mereka para pemimpin kezam dan dzalim sebagai ganti para nabi yang mereka dustakan dan mereka bunuh, dimana para raja kejam tersebut bertindak zalim terhadap mereka dan menumpahkan darah mereka, dan juga allah menguasakan musuh lain terhadap mereka.
 
 
 
 
 sumber : buku majalah al-furqon (edisi 11 tahun ke 16)
 
 
 

Bagikan :