Manfaat Lidah buaya
eaSYstem   29 September 2018   Dibaca 2736 kali  

1. Tinggi zat antioksidan

Gel dalam lidah buaya tinggi akan zat antioksidan yang disebut dengan polifenol. Polifenol bersamaan dengan senyawa lainnya di dalam lidah buaya memberi manfaat lidah buaya untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang bisa menyebabkan infeksi.

2. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat lidah buaya lain adalah seringnya tanaman ini digunakan sebagai obat topikal alias lebih sering digosokkan di kulit daripada dimakan. Khasiatnya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka, terutama luka bakar.

3. Mengurangi plak gigi

Kerusakan gigi yang disebabkan karena penumpukan plak adalah hal yang paling sering terjadi. Dan salah satu cara terbaik untuk menguranginya adalah dengan membilas mulut menggunakan 100% jus lidah buaya murni. Ya, manfaat lidah buaya lain adalah untuk mengurangi plak gigi serta membunuh bakteri yang bisa memproduksi plak seperti Streptococcus mutans serta ragi Candida albicans.

agetitle">4. Mengobati kanker tenggorokan

Sariawan yang berlangsung secara terus-menerus bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya sel kanker tenggorokan. Dan manfaat lidah buaya lain adalah mampu menyembuhkan sariawan tersebut dengan cara mengoleskan getah lidah buaya di area yang terkena sariawan secara terus-menerus.

5. Mengurangi konstipasi

Gel lidah buaya mengandung senyawa alami yang disebut dengan aloin atau barbaloin. Zat ini memiliki sifat pencahar sehingga manfaat lidah buaya berikutnya adalah untuk mengurangi konstipasi.

6. Menurunkan gula darah

Manfaat lidah buaya yang lain adalah untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi lidah buaya memiliki gula darah yang rendah sebab senyawa alami dalam lidah buaya akan meningkatkan sensitivitas insulin.

7. Menghidrasi tubuh

Lidah buaya merupakan tanaman yang tinggi akan kandungan air di dalamnya. Sehingga manfaat lidah buaya lainnya adalah untuk menghidrasi tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik membuat racun akan keluar dengan lancar sehingga organ tubuh bisa berfungsi dengan maksimal. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga memungkinkan untuk terjadinya proses pemulihan yang cepat setelah kamu berolahraga.

agetitle">8. Meningkatkan fungsi lever

Untuk mendukung kesehatan lever, maka detoksifikasi adalah kuncinya. Dan manfaat lidah buaya berikutnya adalah mendukung proses tersebut. Konsumsi lidah buaya juga memberikan suntikan nutrisi untuk lever karena tingginya kandungan fitonutrien di dalamnya.

9. Menutrisi tubuh

Seperti yang sudah disebutkan, lidah buaya dipenuhi dengan beragam nutrisi alami. Mengonsumsinya membuat manfaat lidah buaya akan memasuki tubuh dengan cara menutrisi dan meningkatkan imunitas.

10. Mengatasi naiknya asam lambung

Minum lidah buaya akan membantumu untuk mengatasinya naiknya asam lambung. Sebabnya lidah buaya tinggi akan kandungan nutrisi alami yang bisa menurunkan asam lambung.

Selain manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, berikut adalah manfaat lidah buaya lainnya yang lebih spesifik untuk kecantikan.

 

 

       Sumber    : liputan6.com

 

Bagikan :