Beberapa sebab haramnya makanan
Easystem   31 Juli 2018   Dibaca 157 kali  

Ada beberapa sebab di balik pengharaman Allah terhadap beberapa makanan yang bukan hewan, di antaranya:

1. Berbahaya

Syari'at islam mengharamkan kepada pemeluknya untuk membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. Ada beberapa gambaran membahayakan dalam soal makanan:

a. Makan melebihi batas

b. Minum racun

c. Makan atau minum barang-barang yang diketahui berbahaya

2. Najis

Semua perkara yang najis haram dimakan. misalnya: bangkai, darah haid, kotoran manusia, air kencing dan sebagainya. Ada sebuah kaidah berharga tentang masalah ini yaitu "semua benda najis pasti haram, tetapi sesuatu yang haram belum tentu najis". Bangkai, misalnya hukumnya haram karena bangkai adalah najis akan tetapi, ganja tidak najis walaupun haram. 3. Memabukan Syari'at islam dengan tegas telah mengharamkan minuman khamar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. {QS Al-Ma'idah (5):90}

Khamar adalah setiap makanan atau minuman yang memabukkan, baik dari benda padat atau cair, apa pun namanya.

4. Milik orang lain

Banyak sekali dalil-dalil syar'i yang melarang memakan harta orang lain tanpa izin pemiliknya, bak dengan mencuri, merampas, menipu dan sebagainya. Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil. {QS An-Nisa (4):29}

 

sumber : Buku majalah Al-Furqon (edisi 11 tahun ke-16}

 

Bagikan :