Bila Jodoh Tak Kunjung Datang
Easystem   22 September 2018   Dibaca 102 kali  

1.Doa Kepada Allah.

Doa adalah senjata kaum muslimin, karena Allah akan mengabulkan permohonan hamba-Nya yang berdoa hanya kepada-Nya. (QS.Ghafir/al-Mu'min ayat 60) Maka bagi yang mendambakan suami atau istri idaman hendaklah dia memperbanyak berdoa kepada Allah, sebagaimana doanya hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam surat al-Furqan ayat 74.

2. Mencari informasi dari orang yang terpercaya.

Termasuk tolong-menolong dalam kebaikan, bagi orang yang mengetahui adanya laki-laki shalih atau wanita shalihah untuk mengabari orang yang mau menikah. Begitu pula bagi yang ingin menikah untuk mencari informasi tentang orang yang akan dilamar, agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari. Ada satu hadits yang berhubungan dengan hal ini, namun sanadnya masih dipertanyakan.

Dari Anas Bin Malik berkata, "Sesungguhnya Rasulullah mengutus Ummu Sulaim untuk melihat seorang gadis, dan beliau berkata, 'Ciumlah bau mulutnya dan lihatlah yang di atas tumitnya.'"

3. Minta tolong kepada orang tua, saudara atau anggota keluarga lainnya untuk menawarkan dirinya agar dinikahi orang shalih yang baik agamanya.

Dari Umar bin Khaththab berkata,"Ketika Hafshah anak Umar menjadi janda karena kematian suaminya, saya menemui Utsman bin Affan untuk menawarkan Hafshah kepadanya. Utsman menjawab, 'Saya pertimbangkan terlebih dahulu.' Beberapa hari kemudian Utsman menemuiku, ia berkata, 'Kelihatannya saya belum punya keinginan menikah sekarang ini.' Umar berkata, 'Kemudian aku pergi menemui Abu Bakar, kukatakan padanya, jika engkau setuju, aku nikahkan engkau dengan Hafshah. 'Abu Bakar diam saja dan tidak memberikan jawaban apapun. Beberapa hari kemudian Rasulullah datang melamar Hafshah. Aku pun menikahkan beliau dengannya." (HR. al-Bukhari: 5122)

4. Menawarkan dirinya pada orang shalih untuk dinikahi.

Seorang wanita telah menawarkan dirinya pada orang shalih untuk dinikahi, dengan syarat aman dari fitnah.

Dari Anas bin Malik berkata, "Ada seorang wanita datang kepada Rasulullah untuk menawarkan dirinya kepada beliau. Dia berkata, 'Wahai Rasulullah, apakah Anda mau menikahiku?' Maka berkata putri Juas, 'Alangkah tidak punya malunya wanita itu!' lantas Juas menjawab, 'Wanita itu lebih baik darimu, dia ingin dinikahi oleh Rasulullah, maka dia menawarkan dirinya.'"

5. Shalat Istikharah.

Pilihan Allah adalah sebaik-baik pilihan, maka shalat istikharah adalah jalan terbaik untuk mendapatkan pilihan yang tepat. Sebagaiman hadits Jabir, bahwasanya Rasulullah bersabda, "Apabila seseorang di antara kalian berhasrat melakukan satu perkara, hendaknya ia mengerjakan shalat dua rakaat di luar shalat fardhu, kemudian bacalah doa shalat fardhu, kemudian bacalah doa sholat istikhoroh berikut ini (HR. al-Bukhari 3/48, Abu Dawud 4/396).

Wallahu A'lam.

 
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

 

Bagikan :