Wasiat taqwa untuk semua lapisan manusia
Easystem   20 Agustus 2018 | update 06 September 2018   Dibaca 136 kali  

allah berfirman kepada semua manusia, berwasiat kepada orang kafir, kepada orang muslim, bahkan kepada para utusan-Nya agar bertaqwa kepada allah. ini semua menunjukkan keutamaan taqwa kepada allah. namun, ada di antara hamba-Nya ketika mendapatkan wasiat, ada yang mau menerima, karena allah menhendaki iradah kauniyah dan iradah syar'iyyah, seperti para utusan-Nya dan pengikutnya yang setia, dan ada kalanya mereka menolaknya bahkan memusuhi orang yang bertaqwa seperti orang kafir dan orang munafiq, karena allah tidak menyenangi mereka dan tidak memberi petunjuk dan semua itu karena ada hikmahnya, hanya allah yang maha tahu hikmahnya. adapun wasiat allah kepada manusia secara umum, allah berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ إِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيمٌ

Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (QS al-Hajj [22]:1)
allah berwasiat kepada orang mukmin agar bertaqwa kepada allah maka diharapkan orang yang berfirman memenuhi perintah ini, karena orang yang beriman adalah orang yang seharusnya memenuhi perintah allah. allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (QS ali-imran [3]:102)
allah berwasiat kepada para utusan dan nabi-Nya yang ditakdirkan oleh allah takdir kauni dan syar'i menjadi orang-orang yang paling bertaqwa, agar menjadi contoh untuk umatnya. allah berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ اتَّقِ اللَّهَ وَلَا تُطِعِ الْكَافِرِينَ وَالْمُنَافِقِينَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

Hai Nabi, bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS al-ahzab [33]:1)
tidaklah wasiat allah untuk semua lapisan manusia, melainkan karena keutamaan yang diperoleh oleh orang yang bertaqwa di dunia dan di akhiratnya.
 
 
 
sumber : buku majalah al-furqon (edisi 3 tahun ke 17)
 
 

Bagikan :