Da’i yang teguh adalah yang mengikuti jalan para nabi
Easystem   18 Agustus 2018   Dibaca 575 kali  

Seorang da'i yang benar di dalam dakwahnya adalah yang mengikuti jalan para nabi dari mana di mulai dan pada apa berhenti. Dakwah memiliki permulaan-permulaan dan memiliki titik-titik tolak, ini adalah yang telah digariskan oleh Allah Tabaraka wa Ta'ala kepada seluruh para nabi. Allah Tabaraka wa Ta'ala kepada seluruh para nabi. Allah Tabraka wa Ta'ala berfirman:

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُمْ مَنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ ۚ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ

Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul). (QS. an-Nahl (16):36)
Semua Rasul inilah dakwahnya: memerangi kesyrikan, sarana-sarananya dan penampakan-penampakannya, ini adalah dakwah rasulullah, bagaimana engkau meninggalkannya?!
peribadahan kepada kuburan-kuburan, penolakan sifat-sifat allah, hulul, wihdatulwujud, dan semua kesesatan adalah termasuk langkah-langkah setan, bagaimana engkau biarkan manusia mengikuti musuh dan engkau tidak menjelaskan kepada mereka! Bagaimana engkau menugaskan dirimu sebagai da'i kepada islam, sedangkan demikian keadaanmu?! manakah amanah?! manakah nasihat?! wahai saudara-saudaraku! wajib memberikan nasihat kepada kaum muslimin dan memilahkan yang haq dari yang batil dan petunjuk dari kesesatan. sampaikan nasihat kepada mereka dengan hikmah dan mau'izhah hasanah, karena diammu dari kebatilan akan menjerumuskan orang-orang yang tidak tahu kepada jerat-jerat ahlilbathil dan menjerumuskan mereka kepada langkah-langkah setan, sehingga mereka keluar dari keteguhan diatas islam dan sunnah.
Ahlilbathil yang paling berbahaya adalah orang-orang yang berpakaian sunnah berpakaian salafiyyah padahal mereka sebenernya adalah penyeru kepada bid'ah dan kesesatan, mereka adalah manusia yang paling berbahaya atas agama allah maka diwajibkan diwaspai dan umat wajib diperingatkan dari mereka.
 
 
sumber : buku majalah al furqon (edisi 3 tahun ke 17)
 

Bagikan :