Berkenalan Dengan Jenis Ikan Air Tawar Populer
Adinda Mecca   15 Agustus 2022   Dibaca 760 kali  

Di Indonesia, ada banyak jenis ikan air tawar yang dapat dikonsumsi atau dapat dipelihara dan dibudidayakan. Berikut ini adalah daftar ikan air tawar

Setidaknya ada sekitar setengah jenis ikan air tawar dari total populasi spesies ikan di dunia. Ini berarti, ikan hidup dan berenang di air di sungai, danau, dan lahan basah yang berkontribusi kurang dari 3% dari pasokan air bumi.

Dari semua jenis ini, tentu saja ada populer di Indonesia, apakah itu untuk dikonsumsi atau digunakan sebagai ikan air tawar menghiasi ruang tamu rumah di akuarium.

Menurut data yang diambil dari Kementerian Perikanan dan Perikanan Indonesia, setidaknya Indonesia memiliki lebih dari 400 spesies ikan air tawar hias dan 1.100 jenis ikan air tawar konsumtif.

Baris spesies ikan air tawar paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia
Dari sekian banyak spesies ikan air tawar di Indonesia, tentu saja tidak semuanya dapat dengan mudah diingat. Tapi, masih ada beberapa ikan air tawar populer di Indonesia yang harus Anda ketahui.

Penasaran? Ayo, lihat daftar ikan air tawar untuk dekorasi dan konsumsi dari petpi di bawah ini!

Jenis ikan air tawar yang paling umum dikonsumsi

1. Ikan Bawal 

Pada daftar pertama, Anda dapat menemukan Pomfret sebagai ikan air tawar yang paling banyak dikonsumsi oleh semua orang Indonesia. Jenis ikan ini diperkirakan berasal dari Hawai dan Brasil.

Karakteristik dan karakteristik Pomfret hampir mirip dengan ikan piranha. Tidak heran mengapa banyak orang salah untuk membedakan antara Pomfret dan Piranha. Tapi, jangan khawatir, Petpi pernah membahas karakteristik Pomfret lengkap juga.

Harga pomfret dewasa segar berkisar dari RP. 40.000 per 1kg. Harganya cukup murah untuk ikan yang dagingnya lezat, dan empuk.

Hati -hati jika Anda ingin makan pomfret, ya. Masalahnya, Pomfret memiliki banyak duri.

2. Ikan Gabus

Sering mendengar ikan ini? Citranya sebagai ikan yang hidup di air tawar sering dianggap sebagai hama atau hewan yang mengganggu saat memasuki kolam hewan peliharaan manusia. Gambarnya karena ikan gabus sering memangsa ikan kecil lainnya di kolam.

Meski begitu, ikan dengan nama Latin Channa striata cukup banyak protein. Bahkan kandungan protein lebih tinggi dari susu, ikan mas, kakap, dan sarden.

Setiap 1 kg ikan gabus dijual dengan harga rata -rata IDR 60.000.

3. Ikan Gurame

Siapa lagi yang tidak tahu ikan mas? Ikan ini adalah ikan favorit di antara orang -orang Indonesia sebagai kota asal karena dagingnya menakutkan dan tidak terlalu banyak duri.

Popularitasnya menyerupai ikan nila, dan ikan lele, di mana ketiga ikan ini sangat mudah ditemukan untuk dijual di berbagai kios makanan pinggir jalan.

Setiap 1 kg ikan mas segar dan besar dijual dengan harga rata -rata IDR 52.000.

4. Ikan Mas

Mungkin beberapa dari Anda memikirkan ikan dengan nama yang identik dengan ikan hias mengapa dapat dimasukkan dalam kategori ikan konsumsi. Jangan khawatir, ikan mas sangat aman dan lezat untuk dikonsumsi, sungguh.

Faktanya, karena sejumlah besar orang yang mencari ikan mas sebagai makanan berbasis di rumah, banyak orang di Indonesia juga berbondong-bondong untuk mengolahnya.

Setiap 1 kg ikan mas segar dan besar dijual dengan harga rata -rata RP. 60.000. Anda dapat mengkonsumsinya dengan memasak ikan mas menjadi pepes, ikan bakar, dan ikan goreng.

5. Ikan lele

Tentunya sering mendengar ikan lele. Ikan ini sudah terkenal dan ada di toko makan apa pun di sisi jalan.

Rasa masakan lele sangat sewenang -wenang Indonesia, dagingnya enak, empuk dan cukup murah.

Setiap 1 kg ikan lele segar dijual dengan harga rata -rata IDR 30.000.

6.Ikan Nila

Ikan nila adalah salah satu ikan air tawar populer untuk dikonsumsi oleh orang -orang Indonesia. Selain rasanya yang lezat dan lezat, harga per ekor ikan nila terjual cukup murah.

Namun, Anda tidak bisa makan ikan nila terlalu sering mempertimbangkan tingkat lemak buruk di dalamnya.

7. Ikan Patin

Ikan patin memiliki bentuk tubuh yang memanjang, putih perak dengan punggung yang sedikit kebiruan, kepala yang relatif kecil, dan tidak memiliki timbangan. Habitat mereka ada di tepi sungai besar, mulut dan danau.

Jika Anda tertarik untuk memancing dan mencari ikan lele di sungai untuk dikonsumsi, sangat disarankan untuk memancing di malam hari. Karena, ikan lele termasuk dalam kelompok hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan cenderung diam di siang hari.

 

https://ikantawar.com/

 
Tags :
ikantawar budidayaikantawar budidayaikan

Bagikan :


Artikel Populer
Berkenalan Dengan Jenis Ikan Air Tawar Populer
Adinda Mecca   15 Agustus 2022
Lokasi Wisata Terbaru Di Bogor 2022 Yang Lagi Hits
Adinda Mecca   23 September 2022
Produk/Usaha oleh Adinda Mecca

Data tidak tersedia