pengertian dan perbedaan antara prosessor intel dan Amd
eaSYstem   29 Agustus 2018   Dibaca 2575 kali  

Tahukah Anda semua perbedaan antara prosessor intel dan AMD?. Jika anda sebagai pengguna komputer dan seorang gamer pasti akan tahu akan perbedaan antara 2 prosessor tersebut.Bagi sebagian dari orang pasti akan bingung jika harus menjelaskan apa perbedaan secara umum antara prosessor intel dengan AMD. Nah disini saya akan langsung saja membahas perbedaan antara Prosessor Intel dan AMD, sebagai berikut :

 

  1. Intel Corporation

            merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di daerah USA dan sangat terkenal dengan sebuah rancangan produksi mikroprosessor nya dan juga mengkhususkan dalam pembuatan sirkuit. Intel juga membuat kartu jaringan, komponen chipset dan lainnya. Intel telah memiliki project riset yang sangat maju dalam seluruh aspek dalam bidang produksi semi konduktor, termasuk MEMS. Intel juga telah mengganti logo dan slogan pada awal Januari 2006. slogannya yaitu "intel inside" dirubah dengan "Intel Leap Ahead". Berikut ini beberapa produk prosessor intel hingga sampai saat ini :

 

  1. Intel® Pentium®4
    2. Intel® Pentium® Dual-Core
    3. Intel® Core™2 Duo
    4. Intel® Core™2 Quad
    5. Intel® Core™2 Extreme
    6. Intel® Core™ i3
    7. Intel® Core™ i5
    8. Intel® Core™ i7

2.AMD atau kependekan dari  (Advanced Micro Devices

         merupakan sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosessor atau sebuah IC (integrated circuit) yang berlokasi di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik produksi pertama berlokasi di Austin, Texas, Amerika. dan kemudian pabrik kedua berlokasi di Dresden, Jerman yang telah ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Jika semuanya telah berjalan lancar, maka mimpi harga sebuah sistem PC akan dapat lebih murah dan bisa terwujud karena tidak akan lagi di monopoli oleh perusahaan Intel. Namun pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Technology. Perusahaan ini merupakan penyedia prosesor x86-compatible processors terbesar kedua. dan AMD juga sudah mulai dikenal oleh seluruh dunia. Berikut ini beberapa produk dari AMD yaitu :

  1. AMD Sempron™
    2. AMD Athlon™ FX
    3. AMD Athlon™ 64
    4. AMD Athlon™ X2
    5. AMD Athlon™ X3
    6. AMD Athlon™ X4

 

Perbedaan Kelebihan dan kekurangan antara prosessor Intel dengan AMD :

  • Intel menang di merek dan marketnya, sedangkan AMD harganya yang lebih murah.
  • Grafis pada prosessor AMD jauh lebih baik dibanding Intel.
  • AMD jauh lebih unggul dalam sebuah pengolahan komunikasi aplikasi, contohnya transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Doubly Digital Suround Sound.
  • Pada prosesor Intel Pentium 4 sistem kinerjanya lumanyan cepat. Namun, untuk urusan grafis masih kalah dibanding dengan AMD, tapi setidaknya AMD tidak cepat panas dibandingkan prosessor Intel.
  • Jika anda sebagai gamer sejati pasti akan memilih AMD, karena prosessor ini jauh lebih kuat dan tidak cepat panas. karena di desain juga untuk game.
  • Banyak transistor pada prosessor Intel 100 milyar sedangkan AMD jauh lebih banyak yaitu 105 milyar.
  • Set instruksi yang ada pada prosessor Intel yaitu MMX, SSE,SSE2, dan SSE3, namun pada AMD SSE2 dan 3DNow. namun dari sekian banyak istruksi yang telah dipakai oleh prosessor intel sebenarnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel.
  • Pipeline pada prosessor intel jauh lebih panjang dibandingkan dengan prosessor AMD, namun pipeline Intel bermasalah pada sebuah pertukaran tugas, sehingga pipeline intel kecepatannya sangat
    melambat dan berada jauh dibawah AMD.
  • Dalam pemilihan prosessor antara Intel dan Prosessor AMD sebenarnya ada pada keinginan sobat sendiri, namun harus sesuai dengan kebutuhan sobat juga, Saran dari saya, jika sobat ingin komputernya untuk game maka gunakanlah AMD karena kuat, grafisnya bagus, tidak cepat panas dan jika hanya untuk keperluan office, browsing lainnya maka gunakan intel. Semua terserah pada anda juga, mau pilih yang mana..

  semoga bermamfaat buat saya dan teman-teman sekalian

 

Bagikan :