Tips agar ada uang saat tanggal tua
eaSYstem   10 Juli 2018   Dibaca 2949 kali  

Setiap tanggal tua dihadapi setiap orang dengan suka cita. Pasalnya, menunggu gaji bulan berikutnya masih cukup lama, sedangkan uang kita sudah mulai menipis, bahkan habis.

Jika mengalami situasi di mana uang sudah habis sebelum gajian, itu artinya Anda perlu melakukan perencanaan keuangan yang lebih baik. Sebab bisa jadi ini semua karena Anda terlalu boros dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan. Seharusnya, walaupun tanggal tua, Anda masih bisa tersenyum tenang.

Namun, ketika ada promo produk elektronik berupa smartphone terbaru dengan fitur yang canggih ditambah lagi promo produk fashion, Anda merasa sulit untuk menolaknya. Jika sudah tergoda, Anda akan sangat mudah untuk mengeluarkan uang.

Sebaiknya, Anda bisa mengontrol pengeluaran yang terlalu berlebihan agar tidak merasa cemas dan gelisah saat menghadapi tanggal tua. Berikut adalah enam tips agar setiap tanggal tua selalu punya uang, Berikut tips hematnya : 

1. Saatnya Melakukan Perencanaan Keuangan

Jika sudah meluruskan niat Anda untuk mulai mengatur keuangan dengan baik, mulailah dengan melakukan perencanaan keuangan. Perencanaan dalam hal ini tentu adalah perencanaan keuangan Anda sendiri.

Di dalamnya, Anda harus membuat tabel khusus serta tuliskan beberapa hal penting terkait keuangan, seperti kebutuhan bulanan serta kebutuhan hiburan yang biasanya Anda perlukan.

Jika ternyata ada banyak pengeluaran, mulailah untuk memangkasnya. Batasi pengeluaran dengan cara menabung atau berinvestasi setidaknya demi masa depan.

2. Selalu Konsisten Mengikuti Budget

Setelah membuat perencanaan seperti itu dalam keuangan Anda, simpanlah uang sisanya dalam bentuk tabungan. Tahan jika Anda ada keinginan untuk membeli sesuatu yang diinginkan.

Sebab dikhawatirkan hanya akan membuat keuangan jadi boros. Selalu konsisten untuk mengikuti bujet yang telah dibuat.

3. Ubah Kebiasaan Makan Siang di Luar dengan Membawa Bekal Makanan

Hal yang cukup sering membuat pengeluaran membengkak adalah makanan. Bayangkan saja jika Anda sering makan di luar rumah, ditambah lagi sedang menghadapi tanggal tua, bisa-bisa uang Anda habis begitu saja. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya Anda membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih hemat untuk pengeluaran makanan, terutama untuk yang bekerja. Selain itu, membawa bekal makanan dari rumah sendiri juga membuat Anda lebih kreatif dalam menyajikan menu makanan dan lebih sehat tentunya.

4. Sekalipun Uang Receh, Akan Besar Nilainya Jika Ditabung

Biasanya keberadaan uang receh sering dianggap tidak penting dan hanya membebani. Keberadaan uang receh sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. Meskipun nilai mata uangnya kecil, jangan salah, uang receh yang terkumpul dalam jumlah banyak, nilainya akan menjadi besar.

Mulai saat ini, setiap menerima kembalian uang receh, sebaiknya masukkan ke celengan. Siapa tahu setelah terkumpul, uang receh ini bisa menolong Anda saat menghadapi tanggal tua.

5. Cari Pendapatan Tambahan

Mau bagaimana lagi, tanggal tua tak bisa dielak. Jika memang Anda masih kekurangan uang, cara lain yang bisa dilakukan adalah meningkatkan pendapatan.

Silakan Anda cari tahu karena ada berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya dengan memiliki usaha sampingan. Menjalankan bisnis online juga bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pendapatan.

6. Berpikir Kreatif untuk Menghadapi Tanggal Tua

Cara kreatif yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menghadapi tanggal tua adalah dengan mulai berpikir untuk berhemat dan mencari pendapatan tambahan untuk menutupi kebutuhan Anda menjelang tanggal tua. Cobalah untuk mulai berbisnis online atau memiliki pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama.

 

Sumber : www(dot)liputan6(dot)com

 
Tags :
tips hemat uang

Bagikan :