Arti dan Manfaat Kerja Keras
eaSYstem   16 Januari 2019   Dibaca 2693 kali  

Mengingat akan pentingnya kesuksesan dalam hidup, maka saya ingin menyusun sebuah artikel tentang arti dan manfaat kerja keras. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa kerja keras adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hal apapun. Sudah paasti kita meraih sesuatu itu bukanlah perkara yang gampang atau semudah membalik telapak tangan atau hanya dengan meminta langsung dapat, tidak, tapi sekali lagi harus dengan kerja keras.

Pengertian kerja keras tidak cocok diartikan secara harfiah, karena seolah bermakna bekerja dengan keras, mati-matian, kurang istirahat dan sangat capek. Bukan itu. Maksud kerja keras secara istilah adalah mempunyai semangat yang berkobar serta memiliki kemauan untuk mencapai target pribadi yang dianggap melibihi batas kemampuan kita sendiri. Batasan ini yang menjadi tolak ukur bahwa apakah benar kita bisa keras kepada diri kita sendiri atau tidak. Contohnya begini,  Saya ingin sukses dan kaya padahal saya punya rasa malas yang belum bisa dikendalikan, tentu tidak bisa terwujud. Kita tahu bahwa malas dan sukses itu bertolak belakang. Oleh karena itu, kita harus membuat aturan dan batasan sendiri agar tidak malas lagi agar bisa sukses nanti.

Saya termasuk orang yang berpendapat bahwa bukan perkara gampang melawan diri kita sendiri. Banyak juga orang yang tidak bisa melawan kemalasannya, meskipun tahu kemalasan itu menghambat aktivitasnya. Satu sisi kita ingin sekali memanjakan diri kita dengan bersantai sepanjang hari, namun di sisi lain kita sadar bahwa jika saya bermalas-malasan maka impian saya mustahil tercapai. Dilema ini yang sangat berat kita lalui, dan tentu saja tidak heran bila banyak orang yang menyerah bila ingin mengubah apa yang sudah menjadi kebiasaannya, terutama rasa malas. Maka dari itu jangan remehkan kemalasan, karena kalau sudah jadi kebiasaan, bisa gawat!

Terus apa saja manfaat kerja keras? Kerja keras sama saja dengan menghargai waktu dan lebih dekat pada hasil yang gemilang. Ingat bahwa setiap orang punya jatah gagal yang harus dihabiskan untuk menjadi sukses, jadi orang yang bekerja keras akan lebih cepat menghabiskan jatah gagal itu sehingga lebih cepat menuju kesuksesan.

Selain kesuksesan, dengan kerja keras kita juga akan mendapatkan banyak pengalaman hidup yang berharga. Rangkaian proses yang kita lalui selama kerja keras akan memberikan banyak hal yang tersimpan rapi dalam memori kita. Semua proses itu akan membuat kita lebih bijaksana, lebih bersyukur dan lebih telaten.

 
 

Bagikan :