Jenis Jenis Komputer
eaSYstem   29 September 2018   Dibaca 2833 kali  

Jenis jenis komputer terdapat beberapa macam, untuk membedakannya dapat dibagi berdasarkan klasifikasi komputer. Secara umum klasifikasi komputer terbagi dalam 3 kategori yaitu :

  1. Klasifikasi komputer berdasarkan Prinsip Operasional (Operasional principle).
  2. Klasifikasi komputer berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power).
  3. Klasifikasi komputer berdasarkan Penggunaan Pribadi (Personal Computer).


Dari setiap klasifikasi atau pengelompokan memunculkan beberapa varian jenis jenis komputer. Untuk menggetahui varian/ jenis-jenis komputer tersebut kita bahas satu persatu.

 

Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Prinsip Operasional (Operasional principle)

 

1.Komputer Analog

Jenis Komputer ini digunakan untuk menerima sinyal analog, berfungsi melakukan pengecekan data yg tidak berbentuk angka, karena data yg didapatkan adalah data yg bersifat gelombang. Jenis Komputer ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan. Contoh penggunaannya melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan pada kegiatan ilmiah.

 

2. Komputer Digital

Jenis komputer ini merupakan komputer kebanyakan yg kita kenal. Data yg diterimanya adalah data yg sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yg bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

 

3. Komputer Hybrid

Jenis komputer ini  adalah penggabungan dari analog dan digital yg memiliki tugas melakukan pengendalian proses dengan konversi sinyal analog ke digital maupun sebaliknya.

 

Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power)

1. Mainframe

Adalah jenis komputer besar yg digunakan memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi Besar, menggunakan mainframe untuk aplikasi yang sangat kritis seperti pengolahan data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan serta memiliki kapasitas untuk melayani beberapa sistem operasi dan beroperasi sebagai mesin virtual & dapat menggantikan beberapa server kecil.

 

2. Mikrokomputer

Komputer ini khususnya digunakan untuk single user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa agar mampu berinteraksi dengan penggunanya.

Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Penggunaan Pribadi (Personal Computer)

 

 

1. Desktop

Desktop adalah komputer pribadi yang ditujukan digunaan secara umum di satu lokasi serta dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Periferal periferal Desktop seperti tampilan komputer, CPU, keyboard terpisah satu sama lain dengan ukuran relatif besar. Komputer jenis ini Desktop merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.

 

2. Laptop

Pengoperasiannya mirip dengan desktop, namun keunggulan laptop dapat dibawa kemana saja atau portable serta sudah satu paket dengan keyboard dan mouse. Laptop berjalan dengan menggunakan daya dari baterai atau adaptor eksternal yang mengisi baterai laptop.

 

3. Netbook

Fungsinya sama persis dengan laptop hanya saja yang membedakan adalah spesifikasi dari dari netbook yang lebih kecil serta ukurannya lebih kecil dari leptop.

 

4. Server

Komputer server dirancang untuk menyediakan layanan kepada mesin klien dalam jaringan komputer. Mereka memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan prosesor yang kuat. Komputer server berjalan dengan program yang melayani permintaan klien & mengalokasikan sumber daya seperti memori & waktu untuk mesin klien. Umumnya Komputer server ukurannya sangat besa, karena memiliki prosesor yang besar & banyak hard drive, serta dirancang kebal terhadap kegagalan dan bencana alam.

 

5. Komputer Tablet

Tablet adalah jenis komputer bergerak,menggunakan teknologi layar sentuh. Tablet terintergrasi dengan dengan layar keyboard atau menggunakan stylus atau pena digital. Apple iPad didefinisikan sebagai kelas komputer tablet.

 

 

sumber: infokomputerrakitan

 

Bagikan :