10 Kelebihan dan kekurangan Corel Draw Bagi Pengguna
eaSYstem   20 Agustus 2018   Dibaca 3501 kali  

Siapa yang tidak mengenal software desain yang satu ini? Pasti hampir semua designer sudah pernah menggunakan atau minimal mendengar namanya. Coreldraw merupakan aplikasi untuk mendesain grarik 2D, baik berupa brosur,  banner, undangan, dan masih banyak lagi. Adapun kemampuannya sama seperti Photoshop.

Jadi coreldraw bisa disimpulkan merupakan aplikasi PC yang dirancang untuk keperluan grafik, berbasis vektor, berbeda dengan aplikasi PC Photoshop yang dibangun untuk editing photo. Kedua-duanya memiliki kesamaan, Sama-sama bisa digunakan untuk mendesain, tapi target nya agak sedikit berbeda, walaupun di satu sisi terkadang Kita bisa menggunakan software yang satu untuk editing desain yang sebenarnya bisa dikerjakan dengan software yang lain.

Di artikel kali ni Kita akan membahas tentang Kelebihan dan kekurangan Coreldraw yang umum ditemui. Adapun untuk kekurangan lainnya yang mungkin ditemui, bersifat teknis. Untuk itu mari Kita simak ulasannya.

Kelebihan Coreldraw

1. Hasil gambar berbasis vektor lebih baik

Definisinya, vektor merupakan kumpulan dari bentuk datar polygon yang dibentuk sedemikian rupa dengan perbandingan ratio gambar dan ukuran sehingga menghasilkan apa yang Kita sebut desain gambar. Vektor ini memiliki kelebihan dibandingkan format konvensional Bitmap dimana hasil gambarnya tidak pecah saat diperbesar, karena format vektor memiliki perbandingan ratio, sehingga ukurannya akan relatif terhadap ratio dasarnya. Berbeda dengan format Bitmap yang merupakan format konventional untuk gambar di sistem operasi Windows, saat gambar bitmap diresize atau diperbesar maka gambar akan pecah. Hal itu terjadi karena format Bitmap tidak memiliki perbandingan ratio dan menggunakan satuan titik piksel, sehingga saat diperbesar, satuan pixel pun ikut berubah menjadikan gambarnya menjadi blur.

2. Dukungan format Import / Export yang banyak

Dukungan format file untuk keperluan export / import ini menjadi penting guna portabilitas suatu aplikasi agar bisa dibuka atau minimal di-view di aplikasi lain dari jenis aplikasi yang sama. Adapun untuk dukungan tersebut di aplikasi Coreldraw ini, menyediakan cukup banyak format file populer untuk keperluan export / import, diantaranya adalah : AI – Adobe Illustrator, DWG – AutoCAD, PDF – Adobe Portable Document Format, PSD – Adobe Photoshop,  TIF – TIFF Bitmap dan masih banyak lagi

3. Kemudahan dalam penggunaan

Coreldraw merupakan sebuah aplikasi yang user-friendly, artinya mudah digunakan baik oleh professioanl maupun oleh pemula sekalipun. Hal ini mengingat disediskannya fitur help, dan bantuan online yang melimpah. Serta Menu-menu dan toolbar yang familiar dan mudah dipelajari sehingga memudahkan para pemula untuk memahami kegunaan dari setiap item pengoperasian yang ada di software Coreldraw ini.

4. Tersedianya banyak tool, baik selection, editing, dan pemberian efek

Hal ini tentunga yang mempermudah dalam mengoperasikan dan menghasilkan gambar yang menarik di coreldraw. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri karena semakin banyak menu dan item yang disediakan dalam suatu software, menandakan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan dengan software tersebut, dan ini merupakan daya tarik tersediri dari software lain yang sejenis.

5. Menjadi standar industri dan perusahaan

Aplikasi Coreldraw saat ini sudah menjadi aplikasi standar di dalam berbagai keperluan untuk pengerjaan desain di  berbagai perusahaan. Lembaga-lembaga khursus pun sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini sebagai materi yang dimasukkan kedalam materi studinya.

 

Kekurangan Coreldraw

1. Resource dan ukuran file yang besar

Pada saat ini, rasanya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa jika semakin banyak fitur desain yang disediakan oleh software design, maka akan semakin banyak pula penggunaan resource memory nya. Khususnya pada aplikasi design Coreldraw ini. Disamping penggunaanya menuntut spesifikasi PC yang bisa dibilang cukup mumpuni dalam sektor memory (RAM) dan juga graphic card, ukuran file mentahan yang dihasilkan oleh Coreldraw bisa menjadi cukup besar dengan semakin kompleks bentuk dan rangkaian vektor yang dibuat.  Akan tetapi hal ini sebanding dengan kualitas gambar yang dihasilkan oleh software desain yang satu ini.

2. Saat penggabungan dua objek vektor dan Photo / bitmap kualitas cetakanya kurang memuaskan

Kualitas cetak gambar yang kurang memuaskan ini bisa saja terjadi dikarenakan adanya perbedaan jenis dari kedua gambar yang akan disatukan. Dimana gambar yang satu menggunakan metode penggambaran pixel, dan gambar yang satu lagi berbasis polygon 2d. Membuat kualitas cetakan gambar yang dihasilkan diantara penggabungan keduanya kadang kurang memuaskan. Untuk membuat hasil grafik yang baik, perlu dilakukan sedikit tuning melalui pengaturan gambar, dan juga pada perangkat pencetakan. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil cetak yang optimal. Pastikan untuk menyimpan pengaturan yang sudah dirubah agar bisa melihat hasil pengaturan yang sudah dibuat tersebut.

3. Pembuatan tabel agak sulit di Coreldraw

Pembuatan tabel di Coreldraw agak sedikit sulit karena Coreldraw sendiri merupakan aplikasi berbasis vektor, berbeda dengan aplikasi word processing yang mana untuk penyisipan tabel relatif mudah. Pada aplikasi berbasis vektor seperti Coreldraw, membutuhkan beberapa klik untuk mendapatkan hasil atau layout tabel yang tepat sesuai yang diinginkan.

4. Tidak cocok untuk pengeditan foto

Hal ini terjadi karen target platform yang berbeda. Dimana Photoshop merupakan aplikasi editing foto bitmap, sedangkan Coreldraw merupakan aplikasi editing Vector. Hal ini merupakan perbedaan yang cukup mendasar untuk dikatakan bahwa aplikasi Coreldraw ini kurang cocok untuk editing foto. Namun demikian, meskipun dikatakan kurang cocok, kita masih bisa melakukan pekerjaan foto sederhana di Coreldraw, meski dengan dukungan yang terbatas.

5. Isu kompatibiltas Untuk File tertentu

Isu yang ada bahwa aplikasi Coreldraw memiliki sedikit masalah kompatibilitas terhadap beberapa versi file yang lebih lama (older file version). Akan tetapi ini tidak mengurangi kemampuannya dalam menangani berbagai kebutuhan editing grafis.

Demikian lah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Coreldraw, semoga dapat menambah wawasan kepada para pembaca sekalian dan terutama bagi para pemula di bidang desain, untuk mengenal dan menarik minat untuk mempelajari aplikasi design software Coreldraw. Bagaimanapun, penilaian terhadal suatu software bersifat relatif, dan tiap review memiliki point yang berbeda-beda.

 

 

sumber : https://dosenit.com

 

Bagikan :