Penjelasan Tentang Bitcoin
eaSYstem   07 Agustus 2018   Dibaca 109 kali  

Bitcoin adalah sebuah alat pembayaran yang mudah dan dapat digunakan di seluruh dunia dan lintas benua.
Mata uang bitcoin tidak dikenal dalam sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah. Lalu mengapa dewasa ini bitcoin sangat digemari?

Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin

Beberapa waktu lalu, dunia digemparkan dengan serangan Malware Ransomware WannaCry yang menyerang komputer dengan sistem operasi Windows.

Dilansir dari sumber Liputan6.com, Malware Ransomware WannaCry telah menyerang lebih dari 300 ribu komputer di seluruh dunia dengan cara mengenkripsi data, sehingga data tersebut tidak dapat diakses oleh pemiliknya.

Alih-alih meminta tebusan uang tunai atau logam mulia, Hacker Ransomware WannaCry meminta tebusan dalam bentuk bitcoin, senilai US$600 atau setara dengan Rp7,9 juta.

Definisi Bitcoin Adalah

Bitcoin adalah sebuah alat pembayaran yang diciptakan oleh sekelompok programmer yang mengatasnamakan dirinya sebagai Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Disebut-sebut sebagai digital currency pertama di dunia.

Bitcoin menjadi crypto currency yang sistem pertukarannya tidak dikelola oleh operator manapun, melainkan dilakukan dengan sistem peer-to-peer alias dilakukan langsung antar individual tanpa perantara.

Mata uang bitcoin tidak tercantum sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah dan seluruh pertukarannya terekam dalam sebuah distributed ledger yang disebut blockchain.
Bitcoin kerap digunakan untuk transaksi pribadi yang bersifat tanpa nama (anonymous transactions) sehingga bisa digunakan untuk transaksi ilegal, seperti jual beli obat-obatan terlarang.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Cambridge University tahun 2017, terdapat 2,9 hingga 5,8 juta pengguna crypto currency, dimana mayoritasnya menggunakan bitcoin.

Pada tanggal 1 Agustus 2017 bitcoin dipecah menjadi dua jenis digital currencies, yaitu Bitcoin Classic (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH).

 

Cara Kerja Bitcoin

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2009, bitcoin tidak memiliki bentuk fisik atau denominasi fisik. Bitcoin hanya ada sebagai informasi di dalam jaringan komputer yang saling terkoneksi.

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, seluruh transaksi bitcoin terekam dalam blockchain sehingga untuk membuat Bitcoin, seseorang harus membuat blok dalam jaringan tersebut.

Setiap blok dibuat secara cryptographic dengan cara mengikat tenaga komputer pengguna yang kemudian ditambahkan ke blockchain, membuat pengguna memperolehnya dengan menjalankan jaringan.
Batas pembuatan bitcoin tertanam dalam sistemnya dan jumlah maksimumnya adalah di bawah 21 juta bitcoin. Saat ini sudah beredar 15 juta bitcoin dengan nilai melebihi US$4.000.

Beberapa orang menganggap bitcoin sebagai sebuah investasi, berharap nilainya akan terus naik.

Anda juga bisa membeli bitcoin dalam marketplace yang menyediakan Bitcoin Exchange. Sebagai contoh, tempat pertukaran bitcoin terbesar adalah Mt. Gox.

Bitcoin kemudian bisa ditransfer kepada pengguna lain menggunakan aplikasi smartphone atau dengan komputer. Layaknya mentransfer uang secara digital.

Bitcoin akan tersimpan dalam digital wallet, yang tersedia di komputer pengguna. Digital wallet ini layaknya akun bank virtual yang memungkinkan pengguna menyimpan, mengirim dan menerima, serta menggunakan bitcoin untuk jual beli.

 
Tags :
digital

Bagikan :