Manfaat olahraga pagi
eaSYstem   26 Juli 2018   Dibaca 129 kali  

1. Olahraga Pagi Dapat Meningkatkan kecerdasan Otak

Manfaat olahraga pagi paling utama adalah dapat membantu tingkat kecerdasan otak. Penelitian yang dilakukan Nihon Fukushi University di Handa, Jepang mengungkapkan bahwa dengan berolahraga pagi mampu mempengaruhi kecerdasaan otak kita. Mereka mengungkapkan bahwa orang yang rutin berolahraga di pagi hari memiliki intelektualitas yang tinggi.

Penelitian tersebut dilakukan selama 4 bulan lamanya. Mereka meneliti 7 orang yang masih muda dan sehat, dan kemudian 7 orang tersebut di minta untuk berlari selama 30 menit yang dilakukan 3 kali seminggu, olahraga tersebut dilakukan hingga minggu ke 12 atau sekitar 4 bulan. Sebelum melakukan kegiatan rutin olahraga tersebut mereka diminta untuk mengikuti tes berbasis computer.

Kemudian setelah melakukan kegiatan rutin berlari tersebut mereka diminta lagi untuk mengikuti serangkaian tes berbasis computer. Hasilnya ada peningkatan yang signifikan pada nilai yang menunjukkan tingkat kognitif dari 7 orang tersebut. Bahkan penelitian tersebut juga mengatakan bahwa dengan hasil tersebut menunjukkanadanya peningkatan kemampuan memory otak. Luar biasa bukan, dengan berolahraga pagi ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak kita.

2. Olahraga Pagi Dapat Menguatkan Sistem kekebalan tubuh

Dengan berolahraga pagi maka kita bisa merasakan hangatnya sinar matahari pagi yang kita tahu memiliki kandungan vitamin D yang selain baik untuk kesehatan tulang, juga baik untuk system kekebalan tubuh kita. Vitamin D yang didapat dari sinar matahari di dalam tubuh diolah menjadi antibodi yang berguna untuk penangkal penyakit. Waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari pagi adalah sebelum Pukul 9 pagi.

3. Olahraga pagi Menghilangkan rasa sakit kepala

Apakah anda termasuk yang sering mengalami sakit kepala atau pusing? Jika iya tidak ada salahnya untuk memulai membiasakan olahraga pagi. Karena ternyata dengan olahraga bisa membantu kita untuk menghilangkan timbulnya rasa sakit tersebut.

Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa rasa sakit kepala atau pusing tersebut terjadi akibat tidur terlalu lama. Karena neurotransmitter (sistem saraf) otak akan terganggu jika kita tidur terlalu lama. Selanjutnya yang terjadi adalah meningkatnya hormon seratonin yang dapat membuat kepala menjadi terasa pusing. Dengan olahraga pagi membantu anda untuk mengatur intensitas tidur anda, dengan tidur secukupnya dan tidak berlebihan maka membantu kita untuk terhindar dari sakit kepala.

4. Mencegah penyakit Alzheimer

Sebuah studi penelitian di University of South Carolina yang menemukan fakta bahwa dengan latihan treadmill dan jogging di pagi hari mampu meningkatkan kekuatan otak dan membuat otot lebih tahan terhadap kelelahan, yang juga membuat kita terhindar dari penyakit Alzheimer.

 5. Olahraga Pagi Menyehatkan jantung

Dengan berolahraga dapat mempengaruhi aktivitas jantung. Dengan meningkatnya hormone adrenalin saat berolahraga pagi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, hal itu baik untuk menjaga fungsi jantung.

namun jika anda termasuk yang memiliki penyakit jantung, perlu bagi anda untuk mendiskusikannya dengan dokter terkait olahraga pagi, karena penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa aktivitas jantung yang berdetak kencang dapat menimbulkan rasa nyeri di  dada.

6. Olahraga Pagi Memperlambat penuaan

Dengan berolahraga maka metabolisma tubuh kita akan meningkat. Pertumbuhan sel-sel baru akan lebih cepat dan sel-sel tua akan mati dengan gerakan-gerakan yang kita lakukan saat berolahraga. Oleh karena itu para pakar meyakini bahwa dengan berolahraga membantu kita untuk mengganti sel-sel kita yang sudah tua untuk segera diganti dengan sel yang baru.

7. Terhindar dari resiko obesitas

Manfaat olahraga secara umum tentu adalah untuk mencegah obesitas. Terdapat studi yang telah dilakukan pada tahun 2012, dengan mengukur bagaimana keadaaan tubuh wanita setelah berolahraga pada pagi hari. Studi tersebut melibatkan 35 sampel dengan 17 sampelnya yang tergolong memiliki tubuh ideal dan 18 sampelnya yang obesitas.

Selanjutnya mereka diminta untuk melakukan jalan cepat sekitar 45 menit. Saat selesai melakukannya, ternyata mereka yang berolahraga tidak merasa berselera ketika diperlihatkan foto-foto makanan yang menggugah selera dibandingkan dengan orang  yang tidak berolahraga sama sekali.

Penelitian lain dilakukan Lara Carlson, PhD,di American College of Sport Medicine, yang menemukan bahwa saat olahraga pagi tubuh mengeluarkan hormone endorphin yang mampu mengurangi nafsu makan.

8. Bersemangat sepanjang hari

Menjalani hari-hari dengan penuh semangat sangat menyenangkan bukan. Dengan berolahraga pagi akan  melepaskan hormon yang membuat kita merasa senang, seperti hormone endorfin yang mampu meningkatkan mood dan energy kita, kondisi tersebut dapat berlangsung dari pagi hingga sore hari selama kita beraktivitas.

9. Terhindar dari stress

Kurangnya berolahraga membuat kita tidak bersemangat untuk beraktivitas. Saat bekerja akan merasa mudah penat, hingga membuat hubungan social kita terganggu. Menurut analisis pakar bahwa dengan berolahraga dapat meningkatkan kenyamanan kita untukberkomunikasi dengan anggota keluarga, teman hingga pasangan yang hal tersebut bisa menghindarkan orang tersebut menjadi stres.

10. Membantu membentuk tubuh ideal

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Lara Carlson, PhD, di American College of Sport Medicine, ditemukan bahwa jika kita berolahraga dengan tujuan untuk membentuk badan atau meningkatkan kesehatan tubuh sangat baik jika dilakukan di pagi hari. aktivitas fisik di pagi hari dapat menyebabkan tubuh kita melepaskan hormon endorfin, yang bisa membuat kita memilih menu makanan yang lebih sehat, dengan begitu sangat mendukung kita yang sedang menjalani program diet.

 

Bagikan :