Cara Mudah Melindungi PC dari Hacker Saat Kamu Diintai
eaSYstem   26 Juli 2018   Dibaca 2876 kali  

Agar PC kamu aman dari kejahatan para peretas, mulai sekarang kamu harus bertindak waspada, jangan cuma bingung dan nggak tahu harus berbuat apa ya. Nah, seperti yang saya katakan sebelumnya, saya akan memberikan cara mudah melindungi PC kamu dari serangan para hacker yang tengah mengintai komputer kamu. Mudah kok, kamu pasti bisa melakukannya.

1. Gunakan Windows Event Viewer

 
cara melindungi pc dari hacker 4

Pernah mendengar ini? Ya, Windows Event Viewer menunjukkan log message dari aplikasi maupun sistem. Nah, log ini berisi kesalahan, pesan informasi, dan juga peringatan. Fitur ini akan menunjukkan kegiatan apapun yang terjadi di komputer baik secara fisik ataupun saat terkoneksi dengan jaringan internet. Baik, inilah langkah-langkah yang kamu harus lakukan:

  • Buka Start and Run atau tekan secara bersamaan Windows Keys+R. Jika kamu menggunakan sistem operasi yang lebih baru dari Windows XP, ketik saja di smart search di menu start.
cara melindungi pc dari hacker 3
 
 
  • Pada kotak pencarian, ketik 'eventvwr.msc' kemudian tekan tombol Enter.
cara melindungi pc dari hacker 5
  • Event Viewer Screen akan tampil di layar. Tetapi, jika kamu menggunakan Windows Vista, kamu harus memilih opsi Continue.

  • Buka System LogLog itu menyimpan rekaman data saat ini yang sudah digunakan dan tersaji lengkap dengan menampilkan tanggal serta waktu. Tentunya, dengan data ini kamu dapat dengan mudah mengetahui kapan komputer kamu terakhir digunakan.

 
cara melindungi pc dari hacker 9

Nah, kamu bisa tahu siapa yang sudah mencoba meretas komputer kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengambil tindakan untuk mencegah hacker tersebut bertindak lebih jauh. Apabila cara ini dinilai kurang efektif oleh kamu, tenang saja, Jaka masih mempunyai cara mudah melindungi PC dari hacker lainnya untuk kamu lakukan. Apa itu?

2.Gunakan Virus dan Malware Scan

cara melindungi pc dari hacker 7
 

Biasanya, tanpa kamu sadari, hacker itu tidak hanya dari pihak luar yang tidak kamu kenal. Orang terdekat kamu pun bisa dengan mudah meretas PC kamu. Caranya? Mudah, bisa saja teman atau sahabat kamu memasang sesuatu di komputer kamu dan tersembunyi dari sistem. Untuk itu, kamu harus memindai komputer kamu dengan beberapa program antivirus maupun anti-malware.

Cara mudah melindungi PC dari hacker satu ini bisa kamu andalkan. Jika program tersebut benar-benar jahat sampai tidak bisa di-scan, berarti program itu memiliki kemampuan untuk menyamar sehingga bisa lolos dari pemindai antivirus maupun anti-malware. Untuk itu, kamu harus memindai sistem kamu dengan cara scan Windows secara offline. Cara ini cukup berfungsi guys, di coba ya.

3.Pakai Jaringan Internet yang Berbeda dari Sebelumnya

cara melindungi pc dari hacker 2

Saat seseorang sedang memantau komputer kamu, cara mudah melindungi PC dari hacker lainnya adalah kamu harus mengganti jaringan internet yang biasa kamu pakai sebelumnya, dan koneksikan ke jaringan yang baru. Mengerti tidak? Begini guys, biasanya para hacker itu memantau komputer atau PC kita melalui jaringan internet yang kita pakai. Jika memang begitu, kamu bisa mengganti koneksi internet kamu dengan yang lainnya, sehingga hacker juga tidak lagi dapat mengakses komputer kamu.

Hacker memang selalu melakukan tindakan yang menyebalkan, apalagi semakin menjengkelkan saat mereka mencoba meretas kehidupan pribadi kita seperti informasi keuangan, kata sandi media sosial kita, dan lain sebagainya. Menurut kamu, mana cara mudah melindungi PC dari hacker yang paling efektif untuk dilakukan? Share pada kolom komentar di bawah ya.

 

Sumber : ngopy(dot)com *dengan sedikit perubahan

 

Bagikan :