Manfaat Minum Air Mineral Bagi Tubuh
eaSYstem   25 Juli 2018   Dibaca 157 kali  

Air mineral merupakan air yang telah dilengkapi dengan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan memberi banyak manfaat. Di antaranya menjaga kulit mulus, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengontrol kalori, menjaga fungsi usus normal, dan mencegah sembelit. Air mineral berbeda dengan air putih biasa yang tidak terukur kadar mineralnya, atau bahkan yang telah dimurnikan sampai tidak mengandung mineral sama sekali.
 
Air merupakan elemen penting untuk kesehatan yang kebutuhannya pada setiap orang. Penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Misalnya, anak-anak yang berusia 5-13 tahun idealnya minum kisaran 5-8 gelas dalam sehari, sedangkan pria dan wanita dewasa, idealnya minum sekitar 10-15 gelas dalam sehari.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air mineral memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita dibandingkan air putih biasa, meskipun kita harus membelinya. Berikut ini beberapa manfaatnya.
1. Menurunkan berat badan
Air Putih dan semua jenisnya, termasuk air mineral, tidak mengandung lemak dan kalori. Anda akan berjuang menurunkan berat badan jika Anda minum minuman ringan dan jus yang mengandung banyak kalori. Laporkan dari Mayo Clinic, saat Anda memilih untuk minum air mineral, Anda bisa menghitung kalori sambil menjaga tubuh tetap terhidrasi.
2. Meningkatkan kesehatan tulang
Bagi wanita, saat menopause ia akan menderita tulang keropos dan akan merasa mual. Hal ini bisa diatasi dengan minum air mineral biasa. Sebuah studi di jurnal ilmiah populer menunjukkan bahwa kalsium dalam air mineral sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang dan kemudian mencegah perkembangan penyakit tulang seperti osteoporosis.
3. Menurunkan tekanan darah
Air mineral mengandung magnesium. Nah, magnesium ini berperan penting dalam menjaga tingkat tekanan darah normal. Satu studi menemukan bahwa penderita hipertensi yang memiliki kadar magnesium rendah, saat meminum 1 liter air mineral yang mengandung magnesium, menurunkan tekanan darah.
4. Menurunkan tingkat kolesterol LDL
Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan Anda terkena masalah jantung adalah kolesterol jahat, LDL. Orang yang rutin minum air mineral mengalami penurunan drastis dalam risiko masalah jantung akibat kemampuan air mineral menurunkan kolesterol LDL. Kandungan lain seperti potasium dan magnesium juga membantu fungsi jantung.
5. Membantu pencernaan
Pencernaan kita juga akan bermanfaat karena air mineral. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfat yang membantu kinerja pankreas untuk melepaskan enzim seperti amilase, protoase dan lipase yang mencerna makanan dengan baik. Kadar sulfat rendah bisa mengganggu kesehatan pencernaan, bahkan menyebabkan sembelit dan diare.
6. Menjaga kinerja otot
Air mineral kaya akan magnesium, sehingga membantu kinerja otot dan memantaunya. Hal ini karena magnesium merupakan mineral penting bagi tubuh yang melemaskan otot dan berkontraksi dengan baik. Jadi jika kita merindukan magnesium, otot kita bisa sakit dan kram.
7. Menjaga keseimbangan elektrolit
Elektrolit adalah garam (bikarbonat, klorida, potasium dan natrium) yang mencegah dehidrasi dengan membiarkan sel tubuh menyerap air. Karena air mineral adalah sumber elektrolit terbaik, ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda.
8. Mengurangi risiko batu ginjal
Para dokter menyarankan kita untuk minum air mineral karena membantu mencegah batu ginjal. Biasanya batu ginjal disebabkan oleh kalsium oksalat, namun bila Anda minum air mineral dalam jumlah tertentu kalsium dan magnesium, ini membantu mengurangi konsentrasi kalsium oksalat.
9. Menjaga kecantikan kulit
Air mineral memiliki silika dalam jumlah besar yang memperkuat sel halus dan memperlambat pembentukan keriput di kulit. Dengan minum air mineral, Anda membantu menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.
 
sumber : www(dot)kumparan(dot)com
 

Bagikan :