7 Cara Mudah Belajar Pemrograman Web
eaSYstem   09 Juli 2018   Dibaca 108 kali  

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memudahkan Anda untuk belajar bahasa pemrograman web, baik itu PHP, Java atau apapun.

1. Komitmen

Hal yang paling utama harus diketahui oleh siapapun yang ingin belajar bahasa pemrograman adalah berkomitmen untuk bisa menguasai bahasa tersebut, atau setidaknya memiliki tujuan untuk mengerti alur dan cara kerjanya. Tanpa komitmen tentu anda akan belajar setengah-setengah dan bahkan akan kehilangan semangat.

2. Belajar dari website tutorial

Belajar tidak hanya dari buku, Anda bisa belajar dari berbagai website yang menyediakan topik pembahasan tentang pemrograman web. Anda bisa belajar melalui website berbahasa Inggris ataupun Indonesia, modal utamanya adalah teliti dan pintar-pintar memanfaatkan google untuk menemukan website yang tepat untuk Anda belajar.

3. Mulai membuat aplikasi sendiri

Belajar bahasa pemrograman apapun, intinya adalah mengetik, dengan mengetik kode program Anda sendiri maka lama-lama Anda akan lancar dalam bahasa tersebut. Jadi mulailah buat aplikasi sederhana yang bisa Anda buat, jika sudah berhasil buat aplikasi yang lebih rumit lagi, dan makin lama makin rumit.

4. Buku

Banyak sekali buku yang menyediakan topik pembahasan tentang pemrogaman web di toko buku saat ini, Anda bisa coba berkunjung ke toko buku dan cari buku yang Anda inginkan, baca dirumah lalu praktekan sendiri dikomputer Anda. Anda juga bisa belajar dari ebook yang banyak tersedia di internet, jadi jangan malas mencari ya.

5. Ikuti kursus pemrograman web

Terkadang banyak orang yang merasa butuh bimbingan saat belajar, mereka merasa sulit untuk belajar sendiri karena takut tidak ada tempat bertanya ketika mengalami kesulitan. Jika Anda termasuk orang yang seperti itu, maka ada baiknya Anda mencari tempat kursus pemograman web yang ada disekitar Anda.

6. Menulis ulang program orang lain

Belajar pemgrograman web tidak melulu belajar sendiri dengan membuat program Anda sendiri. Anda bisa belajar dari program yang dibuat oleh orang lain, Anda bisa download contoh program yang banyak tersedia di Internet dan coba buat ulang dengan cara mengetik ulang apa yang dibuat orang lain tersebut. Anda juga bisa belajar teknik yang dia gunakan dengan cara belajar seperti ini.

7. Tidak putus asa

Belajar bahasa pemrograman memang tidak mudah, terkadang banyak yang gugur ditengah jalan ketika belajar. Hal tersebut sudah terbukti, banyak sekali mahasiswa ilmu komputer yang tidak bisa dan bahkan tidak paham-paham bahasa pemograman, padahal itu adalah salah satu mata kuliah penting. Mereka biasanya tidak bisa-bisa karena tidak tekun dan sering kali merasa putus asa.

 

Sumber : ngopy(dot)com *dengan sedikit perubahan

 

Bagikan :