BACK TO SCHOOL? Simak tips berikut agar kembali bersemangat untuk sekolah
eaSYstem   03 Juli 2018   Dibaca 142 kali  

Wih gak kerasa yah kawan kawan liburan sekolah kita akan berakhir ya kurang lebih sih 2 minggu lagi,entah itu yang mau memasuki sekolah baru atau mau memasuki kelas baru tentunya sangat mengasyikan dan akan sangat menyenangkan bisa bertemu teman baru ruangan baru suasana baru ataupun cewek baru heheh.

 Saat liburan kita hanya melakukan hal hal yang begitu santai sehingga materi pembelajaran di sekolah pun terlupakan entah itu bermain game online,ngewarnet,liburan dan banyak lagi lah aktivitas kita untuk menghabiskan waktu liburan.Kami ucapkan selamat datang disekolah yang kita banggakan serta penuh kasih sayang. Selamat atas kenaikan kelasnya, semoga bertambah baik prestasinya ditahun ini. Mungkin sebagian siswa dan siswi mengalami sindrom kurang bersemangat untuk masuk kembali sekolah dalam istilah lain ( I Hate Back To School). Sindrom ini muncul ketika siswa dan siswi terlalu menikmati libur yang berkepanjangan. Kadang ayah dan bunda, bahkan guru pun sedikit kebingungan ketikan ada anak yang mengalami hal tersebut. Mungkin kita bertanya- tanya, bagaimana sih penanganan anak yang mengalami sindrom I Hate Back to School ?. Ada beberapa langkah yang kita bisa lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut diantaranya:

Ingat Rutinitas

Rutinitas biasanya akan jadi terlupakan saat liburan. Orangtua mengizinkan anak bangun siang dan tidur lebih malam. Untuk kembali menyesuaikan diri kembali ke rutinitas sekolah tentu akan sedikit sulit.
“Sebelum liburan selesai, mulailah fokus pada jadwal yang seharusnya, kapan tidur, makan makanan sehat dan berkumpul bersama keluarga," ujar Patricia Tanner Nelson, Spesialis Perkembangan Keluarga di UniversityDelaware.
Setidaknya, rutinitas tersebut harus Anda lakukan seminggu sebelum sekolah. 2-3 minggu untuk bebas tanpa rutinitas sepertinya cukup untuk anak-anak menikmati hari-harinya. Sehingga seminggu menjelang sekolah adalah waktu yang pas untuk memulai rutinitas lagi.

Perbanyaklah Teman
Hal yang harus dicari saat pertama kali masuk sekolah baru adalah teman. Teman akan membantu kita beradaptasi secara cepat di tempat baru. Pasanglah wajah yang friendly kepada orang lain. Jangan segan untuk menyapa duluan. Gak masalah kok walau dianggap SKSD, toh niat kita baik yaitu untuk mencari teman. Lebih bagus lagu kalau kamu kenal juga dengan kakak kelas, karena hal itu akan sangat membantu kamu saat ada kesulitan di sekolah baru.

Persiapan Buku Sekolah

Buku sekolah mutlak dipersiapkan. Buku-buku itu berupa buku tulis, buku menggambar, alat tulis, serta buku pelajaran. Banyaknya buku tulis dapat disesuaikan dengan jumlah mata pelajaran yang akan dipelajari.  Biasa untuk SD, sebanyak sepuluh mata pelajaran, SMP dan SMA/K sebanyak dua belas sampai empat belas mata pelajaran.

 

 
Tags :
tips back to school

Bagikan :