Menjadi Remaja Baik Dan Menjauhkan Diri Dari Kenakalan Remaja
eaSYstem   04 Juni 2018   Dibaca 251 kali  

Masa muda masa berapi-api, yang maunya menang sendiri walau salah tak peduli i i i :V. Sebuah lirik lagu dari H. Rhoma Irama diatas menggambarkan bahwa masa muda atau remaja itu adalah masa dimana mereka menjadi pribadi yang gampang terpengaruh. Jika terpengaruh hal positif, itu memang yang diharapkan, namun yang menjadi kekhawatiran adalah jika remaja itu terpengaruh ke hal yang negatif.

Kenakalan remaja (mabuk, tawuran, narkoba, kriminalitas) adalah beberapa hal negatif yang bisa merusak generasi bangsa. Hal itu tentunya tidak di inginkan oleh para orang tua, karena sebagai orang tua tentunya mengharapkan putra putrinya bisa menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan agama.

Akan sangat sulit menghentikan kebiasaan buruk remaja yang sudah salah langkah itu, maka dari itu akan lebih baik untuk mengantisipasinya sebelum semua terlambat. Agar remaja tidak salah jalan, maka yang harus dilakukan adalah:

  1. Pergaulan harus diperhatikan, karena hal itu adalah faktor utama penyebab kenakalan remaja. Pilihlah bergaul dengan remaja yang memiliki kegiatan positif, karena pergaulanmu menentukan kepribadianmu (sebagian besar).
  2. Turuti apa yang orang tua inginkan, karena orang tua tidak akan menjerumuskan ke hal yang negatif.
  3. Dalami ilmu agama, karena itu merupakan kekuatan untuk menghadapi segala godaan yang akan kamu jumpai. Dengan ilmu agama yang kuat, maka kamu gampang membedakan mana yang baik dan yang buruk.
  4. Serius dalam menimba ilmu. Dengan bersungguh-sungguh dalam belajar maka kamu akan disibukkan kedalam hal yang positif. Dan dengan ilmu yang kamu dapatkan di sekolah, maka akan sangat berguna dalam melangkah dan kecil kemungkinan kamu aka terjerumus ke hal yang negatif.
  5. Jadikan keluarga sebagai tempat bercerita. Bicarakan segala permasalahan yang kamu hadapi dengan keluarga, karena mereka lebih tahu apa yang harus kamu lakukan atas permasalahanmu itu.
  6. Tekuni apa yang menjadi hobi kamu, misal saja kamu punya hobi bermain bola, tekuni kegiatan itu, siapa tahu kamu bisa menjadi pemain profeseional.

Banyak cara untuk menghindari kebiasaan buruk remaja yang sudah melenceng dari a norma dan ajaran agama. Yang pasti, kamu harus teguh pendirian agar tidak mudah terpengaruh dalam kenakalan remaja tersebut. Semoga artikel singkat tersebut bermanfaat bagi kamu.

Sumber : ngopy(dot)com

 
Tags :
tips lifestyle remaja

Bagikan :