Ciri Burung Betet, Habitat Asli dan Daerah Persebarannya
rahman gellsy   20 Mei 2018   Dibaca 3658 kali  

Salah satu jenis burung yang punya penggemar yg relatif banyak yaitu merupakan burung betet.

Untuk pecinta burung entah itu pada Indonesia atau pada luar negeri, betet termasuk salah satu hewan yang cerdas dan punya bentuk bulu sangat latif.

Jadi tidak mampu dipungkiri apabila harga burung ini sendiri tergolong relatif mahal. Dan pastinya nir seluruh orang bisa membelinya.

Burung betet sendiri jua termasuk burung pintar yg sangat mudah dilatih buat bermacam keperluan. Misalnya untuk pertunjukan ataupun melatih suaranya agar jadi lebih merdu.

Baca juga : nama lovebird berdasarkan warna

Ciri Burung Betet
Ciri Burung Betet
Banyak pecinta burung yg tertarik dalam melatih betet miliknya supaya nir seperti burung dalam umumnya.

Burung betet merupakan galat satu jenis burung yg memiliki paruh bengkok yg kuliner utamanya berupa biji-bijian, serangga mini & lain lain.

Sekarang ini populasi burung betet masih relatif kondusif, jadi nir termasuk menjadi hewan yg hampir punah.

Meskipun demikian peminat yg cukup tinggi pula wajib memperhatikan beberapa aspek agar populasi menurut burung betet tidak punah di alam liarnya.

Habitat dan Daerah Persebaran Burung Betet
Burung Betet menggunakan rona cantik & lumayan pintar dalam kicaunya ini hidup di hutan terpencil.

Betet hidub menggunakan bergerombol, mereka kerap hayati berkelompok, baik dalam waktu istirahat ataupun terbang, burung Betet ini ketika merangkai sarang jua tidak berjauhan dengan yg lainya.

Jadi alam burung ini dalam waktu berkicau akan terdengar sangar gaduh.

Penyebaran berdasarkan burung Betet ini pula sangat luas, hal ini ditimbulkan banyaknya burung spesies yg bernama Betet ini pada aneka macam daerah.



Burung ini bisa dijumpai sampai hingga daerah Thailand Selatan. Tetapi burung ini nir ada pada Semenajung Malaysia dan Pulau Sumatra.

Di Indonesia sendiri, daerah penyebaran burung Betet ini juga terbatas di pulau Jawa, Bali, atau di pulau Kangean.

Ciri Burung Betet
Ciri burung Betet ini merupakan ekornya yang panjang dan bagian bulunya yg mendominasi rona hijau.

Lalu ciri burung betet ini pada pipinya keabuan dan berwarna kemerahan. Jadi tampak indah & manis bulunya.

Jenis Burung Betet
Jenis Burung Betet
Jenis Burung Betet
Total ada 328 spesies burung betet pada penjuru dunia. Dan masih ada 78 spesies yg tersebar pada Indonesia khususnya bagian timur seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua dan Halmahera.

Yang paling poly digemari yaitu burung betet jawa, burung betet kalimantan, burung betet sumatra & pula dari sulawesi.

Namun sebenarnya burung betet sendiri nir termasuk fauna asli dari Indonesia, namun berdasarkan daerah Tiongkok Selatan. Selanjutnya populasinya terus bertambah & pada akhirnya menyebar dalam semua Asia.

Sehingga nir mengherankan apabila di Indonesia & beberapa negara tetangga lain anda bisa menjumpai burung betet menggunakan relatif gampang.

Meskipun bukan tergolong sebagai hewan yg hampir punah akan tetapi burung betet menjadi galat satu hewan yang dilindungi pada Indonesia. Jadi, dihentikan sekali memperjualbelikan burung ini tanpa memiliki izin.

Kebiasaan Burung Betet
Biasanya, pada alam liar pada sebatang pohon bisa ditempati poly sarang yg tidak berjauhan.Betet pula terbang cepat dalam grup lewat tempat terbuka sambil berkicau bising.

Kemudian hinggap menggunakan ribut sebab kepakanbagian sayapnya. Apabila makan atau bertengger pada pohon biasanya jua sembari saling berteriak. Suara seruannya tajam berulang-ulang kekekek, atau teriakan parau mirip bunyi terompet.

Burung ini suka makan biji bijian yg ada di alam liar. Selain itu juga menghisap nektar pada bunga atau flora yg ada di sekitar habitatnya.

Sumber : gellsy.com

 
Tags :
burung lovebird ternak kicau

Bagikan :


Artikel Populer
Produk/Usaha oleh rahman gellsy

Data tidak tersedia