Cara Memutihkan Gigi Secara Alami
eaSYstem   28 April 2018   Dibaca 2591 kali  

 

Gigi merupakan bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan merekan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata.

Siapa sih yang pede ketika kita tersenyum gigi kita terlihat kuning, tentu saja hal tersebut membuat kita tidak percaya diri. Maka dari itu saya akan memberikan artikel yang bermanfaat tentang cara memutihkan gigi secara alami. Simak artikelnya di bawah ini.

  1. Baking Soda

Selain dikenal sebagai salah satu bahan masak kue, baking soda ternyata juga cukup ampuh mengatasi masalah gigi kuning. Jadi, baking soda ini diketahui punya sifat sedikit abrasif yang mana bisa menghilangkan noda gigi secara lebih cepat dan menjadikan gigi terlihat lebih putih bersih. Bukan hanya itu, baking soda ternyata cukup ampuh untuk mengusir dan menekan pertumbuhan bakteri karena ketika di gosok dalam mulut baking soda ini bisa membentuk sifat alkalin.

Cara pakai: Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air. Aduk rata dan jadikan pengganti pasta gigi setiap kali menggosok gigi di malam hari sebelum tidur. Ini akan menjadi cara memutihkan gigi yang bisa dipadukan dengan bahan-bahan lain.

  1. Hydrogen Peroxide

Untuk alternatif yang lebih ampuh lagi, kamu mungkin bisa menggunakan opsi sikat gigi pakai Hidrogen Peroksida. Bahan ini dikenal sebagai pemutih gigi alami yang sifatnya juga membunuh bakteri dalam mulut. Namun perlu diketahui bahwa bahan ini tergolong cukup keras sehingga penggunaannya harus dalam takaran yang tepat. Pemakaian bahan Hidrogen Peroksida sebagai pasta gigi dalam jumlah banyak dan jangka waktu lama bisa berakibat pada masalah gigi dan mulut seperti iritasi gusi dan sensitifitas gigi. Alternatifnya, gunakan bahan ini dengan komposisi maksimal 3% (namun lebih baik pilih bahan dengan kandungan 1,5% saja) untuk dijadikan pasta pemutih gigi tanpa menimbulkan efek samping.

Cara pakai: Campurkan 2 sendok teh bahan Hidrogen Peroksida, 1 sendok teh baking soda, dan 2 sendok teh air untuk dijadikan pasta gigi. Cara ini akan menguatkan kerja baking soda untuk membersihkan dan memutihkan gigi secara alami.

  1. Cuka Apel

Alternatif selanjutnya yang nggak kalah penting dan ampuh adalah menjadikan Cuka Apel sebagai bahan dan cara memutihkan gigi. Jadi, dalam cuka apel yang sudah dikenal sebagai desinfektan ini ada kandungan Asam Asetik yang efektif untuk membunuh bakteri. Kandungan inilah yang dipercaya bisa digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut serta memutihkan gigi secara alami. Akan tetapi, untuk opsi ini kamu tidak dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari atau terlalu sering. Menurut suatu studi, cuka apel memang bisa dijadikan sebagai bahan bleaching gigi secara alami, tetapi di saat bersamaan juga membuat gigi menjadi lebih lemah.

Cara pakai: Campurkan cuka apel dengan air untuk digunakan sebagai bahan kumur. Biasanya digunakan berkumur seperti aturan kumur menggunakan mouthwash. Setelah itu, kumur dengan air mineral. Batasi penggunaan bahan ini karena, seperti yang sudah disebutkan, cuka apel tidak cukup baik terhadap kekuatan gigi.

  1. Kulit Jeruk atau Kulit Lemon

Jika kamu merasa cuka apel adalah opsi alami yang sifatnya masih terlalu kuat, kamu bisa mencoba menggunakan bahan alami lain seperti kulit buah jeruk atau kulit buah lemon (yang tergolong dalam kelas citrus). Kulit buah ini juga dikenal mengandung asam tertentu yang sifatnya juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi yang alami tapi cenderung ampuh.

Cara pakai: Kamu bisa langsung menggosokkan bagian dalam kulit buah jeruk atau lemon ke gigi setiap malam atau diberi penguat (baik berupa baking soda atau Hidrogen Peroksida) untuk hasil yang lebih cepat terlihat.

  1. Buah Strawberry

Jenis buah lain yang memiliki manfaat serupa adalah dengan menggunakan Strawberry sebagai opsi memutihkan gigi secara alami dan minim risiko. Buah Strawberry – dan buah-buahan lain yang termasuk dalam keluarga Berry – dikenal memiliki komponen antioksidan yang berfungsi dalam menjaga kesehatan gigi. Ini bukan hanya soal memutihkan gigi sehingga tampilan diri menjadi lebih baik, buah Berry ini juga bisa menguatkan gusi dan gigi sampai menghindarkan gigi dari tanda-tanda penuaan.

Cara pakai: Hancurkan sebanyak 5 buah strawberry dengan garpu. Kamu bisa menambahkan 1 sendok teh baking soda sebagai penguat atau langsung menggunakannya sebagai pengganti pasta gigi. Gosok gigi seperti biasa dan jangan lupa kumur dengan air bersih.

Sumber : https://www.keypoo.com/cara-memutihkan-gigi/

 

Bagikan :