Hati-hati ! Pahami Modus Penipuan Bisnis Online
eaSYstem   27 Januari 2018   Dibaca 179 kali  

Pengguna internet yang semakin menjamur ternyata membuka kesempatan dan peluang yang lebih besar lagi bagi para pihak yang memanfaatkan kondisi seperti ini untuk melakukan penipuan untuk mendatangkan pemasukan dari internet. Ada banyak sekali pengguna dari internet yang mencari peluang bisnis online, dan hal ini pula yang dimanfaatkan bagi para scammer untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya. Karena sebenarnya usaha bisnis online ini merupakan sebuah usaha yang paling rentan terhadap tindak kejahatan penipuan.

Melihat hal itu, ada baiknya sebelum menekuni usaha bisnis online di internet, sebaiknya Anda pahami dulu untuk mengenali jenis usaha bisnis online yang sedang ingin diikuti, apakah mereka nantinya akan benar-benar ada atau tidak. Kali ini kita akan membahas apa saja modus penipuan bisnis online. Langsung baca saja artikel di bawah ini.

Ciri-Ciri Penipuan yang Berkedok Bisnis Online   

Penipuan yang berkedok bisnis online bisa tersembunyi dengan baik, bahkan orang yang telah sering bermain internet mungkin tidak menyadari bahwa dirinya telah sedang mengalami penipuan. Bagi Anda yang ingin menekuni bidang bisnis online dan ingin terhindar dari hal yang tidak dinginkan sebelumnya, maka dari itu Anda harus benar-benar memahami dan mengetahui ciri dari Scam berkedok bisnis online. Berikut ciri-ciri penipuan berkedok bisnis online

  1. Berusaha Menyembunyikan Identitasnya

Pada dasarnya setiap orang yang akan melakukan penipuan selalu saja menutup-nutupi identitas aslinya, mulai dari nama, alamat dan lain sebagainya, yang bersifat memudahkan untuk melakukan pelacakkan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan yaitu bila suatu saat nanti mereka mulai melancarkan aksinya, maka korbannya tidak mudah untuk menemukan si pelaku. Apalagi usaha bisnis online ini tidak melakukan tatap muka secara langsung pada saat berinteraksi satu sama lainnya, biasanya hanya mengandalkan percakapan dan berkomunikasi melalui jaringan internet saja.

  1. Membatasi Jalur Kontak Terhadap Member

Usaha bisnis online yang membatasi jalur kontak terhadap member-nya biasa akan terdeteksi sebagai usaha bisnis online yang scam atau penipu. Jadi sebelum memutuskan untuk menjadi member di sebuah situs bisnis online sebaiknya coba untuk menghubungi kontak yang ada di situs tersebut. Tujuannya untuk mencari tahu apakah sang pemilik merespon atau tidak terhadap bisnis online yang dikelolanya. Cobalah memberikan pertanyaan tentang sistem usaha bisnis miliknya itu, dan perhatikan balasan apa yang diberikan, apakah masuk akal atau malah tidak sama sekali. Jika jawaban yang diberikan terasa berbelit-belit sudah bisa dipastikan bahwa bisnis online tersebut merupakan salah satu bisnis online penipu.

  1. Produk atau Layanan Jasa yang Ditawarkan Tidak Jelas

Dalam menjalankan sebuah usaha bisnis online atau jenis usaha apa saja tentu akan adanya yang namanya proses transaksi atas produk atau layanan dari penjual kepada pembeli. Maka sebelum memutuskan untuk bergabung dengan sebuah usaha bisnis online di internet, langkah selanjutnya yang harus diambil agar menghindarkan diri dari situs belanja online milik penipu, yaitu dengan cara mencari tahu apakah produk dan layanan yang mereka tawarkan benar-benar adanya atau tidak. Jika tidak memiliki kejelasan dengan produk dan jasa yang mereka tawarkan, maka bisa dipastikan bahwa itu merupakan salah satu dari modus usaha bisnis online berkedok penipu.

 

  1. Menjanjikan Pendapatan yang Tidak Masuk Akal

Pada poin inilah kebanyakan dari kita yang terjebak dengan rayuan iming-iming income yang sangat menggiurkan hanya dengan melakukan cara yang sangat mudah. Misalnya saja saat sekarang ini banyak sekali bahasa marketing yang terpampang jelas di situs belanja online ternama, salah satu contohnya seperti, mau memiliki penghasilan Rp10 juta per hari hanya dengan modal awal Rp250 ribu saja tanpa harus bekerja, biarkan uang Anda yang bekerja kepada Anda. Apakah iklan tersebut bisa masuk akal pasti jawabannya tidak sama sekali.

Tetapi bagi pemilik situs usaha bisnis online penipu itu jawabannya ya, karena dia hanya membutuhkan minimal 20 orang calon korbannya untuk mendaftar, di mana setiap yang ingin melakukan pendaftaran nantinya diharuskan membayar uang di awal sebesar Rp250 ribu saja dengan alasan sedemikian rupa. Bila Anda menemukan indikasi seperti ini pada sebuah situs belanja online di internet, sudah dapat dipastikan bahwa usaha tersebut memiliki niatan tidak baik alias ingin melakukan penipuan.

  1. Sangat Sedikit atau Tidak Ada yang Merekomendasikan

Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan sebuah usaha bisnis online, sebaiknya Anda mengumpulkan informasi terlebih dahulu mengenai bisnis yang hendak akan diikuti. Pertimbangkan juga untuk selalu bertanya dan berkonsultasi dengan orang yang telah berkecimpung lama di usaha yang berbasis online ini. Rekomendasi yang diberikan oleh mereka yang mempunyai keahlian di bidangnya adalah sesuatu yang berharga dan sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan Anda. Jika usaha bisnis online tersebut sedikit yang merekomendasikannya, atau bahkan sama sekali tidak ada, maka jangan pernah berpikir untuk bergabung apalagi untuk menjalankannya.

 

 

 

Setelah membaca artikel di atas, kami harap anda harus lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis online. Sudah banyak tindak kriminal yang terjadi saat menjalankan bisnis online, berhati-hati. Semoga bermanfaat , terima kasih.

 

(Sumber : https://www.cermati.com (dengan sedikit perubahan))

 
Tags :
penipuan bisnis online penipuan bisnis penipuan online penipuan bisnis online

Bagikan :