Tips Sukses Bisnis Online
eaSYstem   23 Januari 2018   Dibaca 2700 kali  

    Di era modern sekarang ini, jual beli secara online sudah bukan hal yang asing lagi, semakin maraknya bisnis online membuat orang beramai- ramai terjun menekuni bisnis ini. Bahkan banyak pebisnis offline yang pada akhirnya juga ikut menekuni bisnis online. Sukses berbisnis online bukanlah hal yang mudah, di butuhkan konsistensi yang tinggi untuk tetap bertahan. Ketertarikan saya untuk berbisnis online berawal dari hobi berbelanja online.

    Sistemnya yang praktis, dimana kita hanya perlu duduk manis di depan layar kaca dan pencet-pencet keyboard untuk mencari barang dan bertransaksi, kemudian hanya perlu menunggu dan barangpun sudah sampai di tangan kita. Sebuah metode jual beli yang sangat memudahkan bagi kita, terutama orang – orang yang sibuk dimana kita tak perlu menghabiskan waktu untuk keliling mencari barang yang kita inginkan. Di bawah ini ada sedikit penjelasan tentang tips untuk mempertahankan dan sukses dalam berbisnis online. Langsung saja kita simak penjelasannya.

Tips Untuk Bertahan Dan Sukses Berbisnis Online

Banyak kiat untuk bertahan dan sukses berbisnis online ditengah sengitnya persaingan di bisnis yang sama. Berdasarkan pengalaman berbisnis online, berikut adalah kiat – kiat agar sukses berbisnis online :

  1.  Lakukan survey pada produk yang akan anda jual
  • Sebelum memutuskan berjualan online, sebaiknya survey dahulu apa yang sekiranya bisa diperjualkan secara online.
  • Jika bingung Anda bisa memilih produk berdasarkan hobi, tentu ini akan lebih memudahkan Anda berjualan karena Anda sudah tahu banyak mengetahui seluk beluk produk yang akan dijual.
  • Selain itu, pilih produk yang memiliki pangsa pasar luas, hal ini akan memudahkan anda untuk menjual barang. Contohnya kebetulan saat itu saya baru hobi trial and error skincare, maka saya memilih produk skincare untuk awal bisnis online saya.
  1. Lakukan Survey untuk mendapatkan suplier atau

distributor

 

  • Apabila Anda tidak memproduksi barang sendiri maka survey untuk mendapatkan Suplier dan distributor merupakan faktor yang sangat penting dalam bisnis online yang kita jalani, karena ketersedian barang yang kita jual tergantung pada hal ini.
  • Hati-hati memilih suplier, pilih suplier yang cepat tanggap dan jujur. Berdasarkan pengalaman, beberapa kali saya bertemu dengan suplier “nakal". Apabila memungkinkan bisa mengambil barang langsung dari produsen, hal ini akan membuat Anda bisa menjual barang kembali dengan harga bersaing.

Coba bayangkan jika anda mendapatkan barang dari suplier yang ke tangan sekian..pasti ini akan membuat anda menjual kembali barang dengan harga yang lebih tinggi dan akibatnya anda akan kesulitan untuk menghabiskan stok barang yang ada.

  1. Buka Lapak atau toko online

Ini langkah terpenting dalam berjualan online.Selain dengan membuat website, Anda bisa juga memanfaatkan media sosial sebagai media promosi toko online. Paling efektif menggunakan fanpage facebook dan instagram.

  1. Tingkatkan kemampuan berinternet
  • Karena bisnis anda menggunakan media internet, setidaknya Anda harus paham bagaimana menggunakan internet untuk berjualan.
  • Apabila menggunakan facebook selain dengan fanspage, bergabunglah dengan group dengan minat yang sama. Ini akan sangat membantu Anda dalam berpromosi.
  • Apabila Anda menggunakan website, maka pelajarilah SEO (Search Engine Optimization) untuk mendatangkan calon pembeli ke website Anda.

 

  1. Memiliki sms banking dan e-banking
  • Kalau ningin sukses berbisnis online secara profesional, Anda wajib memiliki sms banking dan e banking karena ini akan mempermudah transaksi dan mengurangi tindakan‘nakal' para customer.

 

  1. Pentingnya Foto Berkualitas Tinggi Untuk Produk
  • Daya tarik utama pada barang- barang yang dijual ada pada display gambar. Pastikan menggunakan gambar dengan kualitas bagus, detail dan gambar yang tajam serta pencahayaan yang bagus. Berdasarkan pengalaman semakin bagus fotonya maka semakin banyak menarik minat calon customer.
  • Apabila Anda belum punya kemampuan Photografi, anda bisa menggunakan foto yang produsen atau distributor.
    Biasanya para distributor ini memiliki foto- foto barang yang mereka produksi, mengingat kebanyakan dari mereka juga membidik pangsa pasar online selain offline tentunya

.

  1. Layanan yang cepat (Fast Respon)
  • Salah satu cara membangun kepercayaan customer pada toko online Anda adalah pelayanan yang cepat. Para customer cenderung ingin cepat dilayani dan mereka tidak akan mau bersabar menunggu.
  • Apalagi jika para customer ini juga merupakan reseller yang harus membalas pertanyaan customer mereka. Semakin lama Anda menjawab dan melayani customer mereka lama-lama akan pergi mencari penjual lain yang pelayannya juga cepat.

 

  1. Membangun sistem penjualan berantai
    Hampir sebagian besar pelanggan saya adalah reseller dari berbagai daerah, para reseller ini akan menjual kembali barang anda ke pembeli lainnya. Berikan harga khusus untuk para reseller anda seperti sistem diskon atau bisa juga komisi.Semakin banyak reseller anda maka penjualan anda akan meningkat dengan pesat.

 

  1. Membina Hubungan Baik Dengan Customer

Layani semua customer dengan baik dan sopan, ini akan membuat meraka nyaman dengan Anda sehingga mereka akan selalu kembali untuk bertransaksi.

  1. Bersabar dan banyak berdoa
  • Berbisnis online membutuhkan kesabaran yang tinggi, bersabar jika harus ketemu customer yang super bawel, bersabar menerima semua komplain customer entah itu masalah kualitas barang, warna, ataupun masalah yang kaitannya expedisi barang.
  • Mungkin yang paling menyebalkan jika saat harus bersabar pada customer yang suka PHP..minta dilayani cepat, pesen barangnya banyak (padahal barang pre order lhoo..)..eh..setelah totalan dan barang pesanannya tersedia, ternyata kabur orangnya..hehe.
  • Dan satu lagi yang tidak boleh dilupakan yaitu banyak berdoa, Tidak ada kesuksesan tanpa diiringi doa dan setelah berikhtiar maka hendaklah kita bertawakkal.

 

Nahhh itu dia tadi penjelasannya, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Coba saja praktikan tips di atas agar bisnis online mu tetap berjalan dan menjadi sukses. Sekian dan terima kasih.

 

 

(Sumber : https://www.klikmania.net  (dengan sedikit perubahan))

 
Tags :
sukses bisnis online tips sukses bisnis online bisnis online sukses bisnis

Bagikan :